Request si Sulung

Jadi Emak-emak itu paling bingung bikin menu makan sehari-hari. Kalau untuk Chef Restoran mewah, mereka sih udah punya daftar menu, jadi gak...

Jadi Emak-emak itu paling bingung bikin menu makan sehari-hari. Kalau untuk Chef Restoran mewah, mereka sih udah punya daftar menu, jadi gak usah bingung hari ini menunya apa.
Saya, sebagai emak dengan  dua anak laki-laki, usia 11tahun dan 4tahun, harus pinter-pinter muter otak, cari ide, dan ngubek-ngubek google cari resep. Bahkan bacaan favorit emak-emak kayak saya itu, ya buku resep. Potongan koran yang isinya resep pun bisa jadi dilirik juga. Hehe...Kayaknya gak usah lebay gitu, yah :p.
Hari ini, sulungku request. Semalem dia sudah mengajukan proposal, eh menu untuk makan hari ini. Bagus, deh, emaknya jadi gak usah bingung mau masak apa. Kalau dia udah request gitu, biasanya gak ada alasan gak mau makan. Maka, jadilah hari ini bikin masakan request si sulung. Resep dari Majalah Sedap edisi ulang tahun ke-15,  tahun 2014. Nama masakannya "Teriyaki Chicken Bowl".

                                                         TERIYAKI CHICKEN BOWL
                                                              (Picture Asli punya saya)
Ini, Mak, saya lampirin resepnya. Kali aja bisa jadi inspirasi emak-emak yang bingung mau masak apa buat keluarga. Simak yah, Mak resepnya. ;)

TERIYAKI CHICKEN BOWL

Bahan Ayam:
1 ekor ayam, fillet
(kalau saya pake fillet 300gram, yang udah siap pakai)
Bahan Bumbu Teriyaki (Aduk Rata):
1 sendok makan saus tiram
3 sendok makan teriyaki sauce
1/2 cm jahe, parut, peras, ambil airnya
1/4 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdm minyak
100ml air
Bahan Tumisan:
200gr brokoli, potong sesuai kuntum, seduh
100gr wortel,potong miring, seduh
1/2 buah bawang bombay, potong kotak besar
1/4sdt garam
1/8sdt merica bubuk
1sdm minyak untuk menumis
Bahan Pelengkap:
400gr nasi putih pulen
1/2 sdm wijen sangrai

Cara Membuat:
1. Campur semua bumbu teriyaki dan ayam. Masak sambil diaduk himgga meletup-letup dan kental.
2. Panggang ayam diatas pan(kalau saya pake pinggan anti panas) bersama 1sdm minyak hingga kecoklatan. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat celcius selama 20 menit hingga matang. Sisihkan.
3. Tumisan, tumis semua bahan. Tambahkan garam dan merica. Aduk rata.
4. Tata nasi dalam mangkuk. Beri tumisan. Tata ayam yang sudah diiris. Siramkan saus.

Nah, itu resepnya. Gampangkan? :D
Selamat mencoba, yah, Mak. ;)



You Might Also Like

4 komentar

  1. Wah saya akan coba ah kalau libur ngantor dan kalau gak lagi malas :P

    ReplyDelete
  2. Sip,Mak. Biar anak seneng. Hehe...

    ReplyDelete
  3. Enak bingit Mak... kayaknya resep ini gampang dipraktekin . lain kali ah...

    ReplyDelete
  4. Iya Mak, monggo di coba resepnya. ;)

    ReplyDelete

Flickr Images