RESEP: PUDING BUSA BERLAPIS

      Dapet resep Puding yang berbusa. Pake putih telur yang dikocok sampai kaku, biar rasa pudingnya nyeess, kayak busa. Sempet pesimis jug...

      Dapet resep Puding yang berbusa. Pake putih telur yang dikocok sampai kaku, biar rasa pudingnya nyeess, kayak busa. Sempet pesimis juga, sih. Kira-kira bakal sesuai harapan gak, yah, hasilnya. Soalnya pernah bikin puding berbusa tapi hasilnya si putih telur dan adonan agar-agarnya gak nyatu. Nah, lho. Kayaknya mereka lagi marahan kali, yah. *pliis, deh garing banget :D
E, tapi kali ini, entah dapet kekuatan darimana, akhirnya aku berhasil juga. Rasa pudingnya bener-bener nyess dan kocokan putih telur dan agar-agarnya pun nyatu. Ih, pokoknya hepi banget. Kalau gak percaya nih, penampakannya:




Penasaran sama resep dan cara membuatnya? Yuk, simak resepnya:

PUDING BUSA BERLAPIS
Bahan I:
400 ml susu cair (aku pake susu ultra UHT)
35 gr gula pasir
1 bungkus agar-agar bubuk
15 gram coklat bubuk
3 putih telur
1/8 sdt garam
60 gram gula pasir

Bahan II:
800 ml susu cair
1 bungkus agar-agar bubuk
125 gr gula pasir
1 kuning telur
1/4 sdt pasta vanila (vanila cair, yg bubuk juga boleh)

Cara Membuatnya:
*Bahan I:
  1. Rebus susu cair, gula pasir, agar-agar bubuk, dan cokelat bubuk sampai mendidih. Sisihkan. 
  2. Kocok putih telur dan  garam sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  3. Masukkan rebusan puding sedikit-sedikit sambil dikocok perlahan.
  4. Tuang ke dalam loyang bulat diameter 22cm tinggi 7cm yang sudah dibasahi air. Biarkan setengah beku.
*Bahan II:
  1. Rebus susu cair, agar-agar, dan gula pasir sampai mendidih. Sisihkan. 
  2. Kocok kuning telur dan pasta vanila sebentar saja, asal bercampur. 
  3. Campur sesendok sayur rebusan agar-agar ke kocokan kuning telur dan vanila, aduk rata. 
  4. Masukkan campuran kuning telur dan sedikit agar-agar ke dalam panci yang masih berisi sisa agar-agar. didihkan lagi sebentar. kemudian matikan apinya
  5. Tuang agar-agar putih ke atas agar-agar setengah beku dari bahan I tadi. Biarkan mengeras. Kalau sudah dingin, masukkan kulkas. 
Mau pake Vla juga, biar makin yummy? Boleh. Ini resep Vla-nya:

*Bahan Vla:
300ml susu cair (bisa pakai uht atau susu kental yang diberi air hingga 300ml)
3sdm gula pasir (kalau pakai susu kental manis, kurangi gula pasirnya. Cukup 1,5sdm saja)
1/2sdt vanila
1sdm maizena (cairkan dengan sedikit air)
1kuning telur

Cara Membuat:
Rebus susu cair, gula pasir, dan maizena yang sudah dicairkan. Aduk-aduk hingga agak mengental. Kalau sudah agak mengental, matikan api. Diamkan hingga uapnya berkurang.
Masukkan kocokan kuning telur kedalam rebusan vla, aduk rata.
Vla siap dihidangkan dengan PUDING BUSA BERLAPIS.

*Selamat Mencoba*

You Might Also Like

12 komentar

  1. Catet ya mak....
    Berarti susunya beli yang literan aja ya....

    ReplyDelete
  2. Mak, itu campurin ke kocokan putih telurnya panas2 atau tunggu agak dingin?

    ReplyDelete
  3. Mak Shinantya, masukin adonannya ke putih telur jgan panas-panas.Kalau aku sih bikin agar2 dulu,sisihkan.Terus kocok putih telurnya sampai kaku. Abis itu masukin adonan sedikit2 sambil dikocok pake mikser kecepatan rendah sampai rata.

    ReplyDelete
  4. Mak Suria, silakan Mak. Iya, mending susunya yang 1literan. Good luck, yah, Mak! ;)

    ReplyDelete
  5. wa, ini gampang, coba ah..makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  6. Mak Tira, sama2 Mak. Ayo cobain resepnya. Pasti bisa. Hehe...

    ReplyDelete
  7. Mak kok bisa cakep gini sih tampilannya

    ReplyDelete
  8. Ini mah kreasi sendiri aja, Mak Rahmi.
    Ssst, itu cetakannya pake cetakan tupperware yg baru. Hihi...*bukanpromosi :D

    ReplyDelete
  9. Membaca resepnya sih memang gampang, entahlah kalau prakte; :D hihi enaknya sih langsung makan nyesss

    ReplyDelete
  10. Pake jurus sim salabim, Teh Tian, langsung jadi. Hehe..

    ReplyDelete

Flickr Images