Halal bihalal KEB - Makaroni Schootel

   Tepat seminggu yang lalu (tanggal 9 Agustus), KEB mengadakan acara halal bihalal.  Acara diadakan di Taman Lansia, Bandung.  Acara ini se...

   Tepat seminggu yang lalu (tanggal 9 Agustus), KEB mengadakan acara halal bihalal.  Acara diadakan di Taman Lansia, Bandung.  Acara ini serentak diadakan oleh perwakilan KEB di beberapa kota lain, seperti di Bogor, Semarang, dan kota lainnya. Sebagai anggota pengikut yang setia (lebih tepatnya ikut-ikutan, karena saya jarang posting blog, tapi selalu ikut acara KEB. Haha). Seperti acara buka puasa sebelumnya, pastinya saya ikut acara itu. Duh, kapan insyafnya, nih. Masa nunggu dikelikitik Makmin Efi Fitriyyah (hihi, ampun, Mak). Doakan saja saya segera insyaf. ;)


Syarat untuk datang ke acara halal bihalal KEB minggu lalu adalah membawa potluck dan memakai dresscode kotak-kotak. Eh, bukan syarat mutlak juga, sih. Cuma kalau gak bawa apa-apa gak enak juga mau ngabisin makanan bawaan anggota lainnya. Setidaknya kacang goreng sebungkus, bolehlah dibawa untuk potluck. Hehe. Dan untuk baju kotak-kotak, bisa apa aja asal motifnya sesuai dresscode. Saputangan kotak-kotak juga boleh. :D Kalau saya pake pashmina kotak. Eh, udah gitu kembaran pula sama Mbak Dydie. (Selalu, deh. Mendadak kembar :D)


Nah, untuk potluck, saya sempat bingung mau bawa apa. Sebagai perempuan yang memiliki passion masak (halaaah. *dikeplak Aa Juno),  apa yang saya bawa pengennya buatan sendiri, dong. Pempek atau Tekwan? Kalau pempek, jangan deh, itu mah untuk dijual (haha, perhitungan banget sih, lo). Tekwan? Wah, bingung nyantapnya, secara tekwan berkuah. Akhirnya saya ngubek-ngubek isi kulkas cari bahan yang tersedia.  Ada smoked beef, sosis, keju, dan susu murni.  *sempet mikir keras bikin apaan. Tarrrraaa, ide pun muncul. Makaroni schootel kayaknya enak, nih. Selain itu bikinnya juga gampang. Bahan-bahannya juga udah ada,tinggal beli makaroninya aja sebagai bahan utama.

Setelah bahan lengkap, saatnya mengeksekusi. Oh iya, karena ada salah satu anggota, sebut saja namanya Tian :D, yang minta resep makaroni schootelnya di share, ya udah saya tulis aja yah resepnya di sini.

Ini dia resepnya:


MAKARONI SCHOOTEL

Makaroni 250gr, rebus dengan air yang diberi garam dan minyak

Mentega/margarin 2sdm

Terigu 2sdm

Air 500ml (lebih mak nyuus pake air kaldu, air rebusan daging ayam atau sapi)

Bawang putih 6bh, cincang halus

Bawang bombay besar 1/2bh, cincang kasar

Daging giling/cincang 100gr(mau ditambah juga gak apa-apa)

Merica 1-2sdt

Biji pala parut 1/4-1/2 sdt

Garam 1sdt (kalau kurang asin boleh ditambah)

Kaldu bubuk 1sdt

Susu murni 200-250ml (kira-kira secangkir)

Telor 4-5butir

Smoked beef 4lembar

Sosis 2batang

Keju secukupnya



Cara Membuatnya:

  1. Panaskan mentega sampai mencair, masukkan bawang putih. Tumis hingga harum tapi jangan sampai gosong. Masukkan bawang bombay, tumis sebentar. 
  2. Masukkan terigu,  tambahkan air sedikit. Aduk-aduk supaya tidak menggumpal.
  3. Masukkan makaroni yang sudah direbus, tambahkan sisa air. Aduk kembali.
  4. Tambahkan garam, merica, parutan biji pala, dan kaldu bubuk. Kemudian tambahkan susu murni, aduk rata hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor, diamkan sebentar hingga uapnya menghilang.
  5. Sambil menunggu uapnya menghilang, panaskan oven, siapkan loyangnya. 
  6. Setelah uapnya hilang, masukkan telur kocok. Aduk hingga rata. 
  7. Masukkan adonan makaroni ke dalam loyang sesuai ukuran yang mau digunakan. Pakai loyang alumunium foil juga boleh. 
  8. Taburi atasnya dengan bahan pelengkap. Parutan keju, potongan smoked beef dan sosis. 
  9. Makaroni siap dipanggang dalam oven panas. 
  10. Panggang kira-kira 30 menit, hingga matang dan keju kecoklatan.

Bahan-bahan membuat Makaroni Schootel sebelum dieksekusi

    
    Penampakan Makaroni Schootel buatan saya

Sebagian potluck yang dibawa Emak-emak


Kue Balok, kue khas Bandung, kesukaannya Kang Komar. :D



Serunya kumpul bareng emak-emak itu adalah banyak makanan. Macam-macam makanan ada di acara halbil KEB minggu lalu. Dari Bitterbalen, Tahu Goreng, Makaroni Schootel, Kue Balok, Siomay, sampe Gurilem. Asyik kan? Jadi jangan takut kelaperan kalau kumpul bareng emak-emak, yang ada malah kekenyangan. Hihi.


Oke, ditunggu lagi undangannya, yah Mak. ;)




You Might Also Like

2 komentar

  1. Iyaaa, dari dua pilihan makaroni schootel waktu itu, aku lebih suka yang ini ;)

    Sempet bawa pulang juga buat Afif dan dia suka. Suka sam ablognya, ungu.

    ReplyDelete
  2. Hehe, nuhuuun my twin sister. Wkkk.

    ReplyDelete

Flickr Images