Super Fudgy Brownies

Sabtu lalu saya kedatangan seorang teman. Yang sebelumnya memang sudah janjian mau datang ke tempat saya. Niatnya sih mau beli pempek s...



Sabtu lalu saya kedatangan seorang teman. Yang sebelumnya memang sudah janjian mau datang ke tempat saya. Niatnya sih mau beli pempek saya. Tapi namanya perempuan sama perempuan kalau udah ketemu, pasti ada aja bahan obrolan. Hehe.
Terus, gak asyik kayaknya kalau ngobrol gak sambil ngupi-ngupi. Kebetulan pagi itu saya lagi kepengen banget bikin brownies panggang/bakar. Tapi, kira-kira keburu gak yah.Karena rencana tinggal rencana, niatnya mau bikin pagi-pagi, eh jam 11 an baru mulai bikin. Maklum emak-emak multitasking. Jualan iya, nganter anak iya, ibu rumah tangga iya. Tuh, kebayang sibuknya, kan. *halaaah, biasa aja keles. :D
Untungnya, membuat Brownies itu mudah, semudah membalikkan telapak tangan, eh gak semudah itu juga kali. Hehe.
Maksudnya, saya gak perlu seharian untuk bikinnya. Jam 11 mulai, jam 12.30 udah siap. Pas banget, gak lama dari itu teman saya datang (Teh Beta). ;)
Jadi, gak usah bingung kalau ada tamu mau datang, terus mau suguhin apa yang agak-agak spesial. Bikin aja, selain lebih irit, bikin sendiri juga lebih hiegienis dan lebih puas (baca: banyak). Tapi kalau gak mau repot, suguhin air putih (saja) juga gak apa, sih. :D
Oke, deh, saya kasih resepnya aja,  yah,  biar bisa coba sendiri enaknya  si Super Fudgy Brownies. Rasanya yang nyoklat banget, bikin gak bisa berhenti ngunyahnya. :)





SUPER FUDGY BROWNIES

Bahan:
Mentega 120 gram
Terigu 130 gram
Coklat bubuk 30 gram
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt garam
Dark cooking chocolate(DCC)  225 gram (potong-potong)
Gula pasir 280 gram(saya kurangin jadi 200gram/250gram)
3 butir telur r

Tambahan:
 kacang mede 50gr, Keju parut secukupnya.


Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C atau api sedang (untuk oven tangkring).
2. Olesi dengan butter loyang persegi/square pan ukuran 22x22x4 cm atau loyang panjang 3x10cm.. Alasi dengan kertas roti/baking paper, lebihkan atasnya sekitar 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang/pan, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Olesi lagi kertas roti/baking paper dengan butter. Sisihkan.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.
3. Lelehkan butter dan DCC (sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas). Aduk rata sampai lembut dan licin. Angkat dari panas api.
4. Masukkan gula pasir ke dalam lelehan butter dan aduk rata dengan whisker atau mixer kecepatan paling rendah. Masukkan telur. Aduk rata lagi.
5. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisker/spatula sebentar saja hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan terlalu berlebihan mengaduknya.
4. Tuang ke dalam loyang/pan. Ratakan permukaannya. Panggang dalam oven sampai matang sekitar 50-60 menit (saya hanya 45-50 menit, biar gak terlalu kering). Permukaan akan terbentuk 'shiny crust' khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.
5. Keluarkan dari oven. Diamkan dalam loyang/pan selama 30 menit (saya gak sampai 30 menit, karena sudah kerburu disuguhkan :D )
6. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper.
Potongng-potong dengan menggunakan pisau tajam yang telah diolesi sedikit minyak (agar saat dipotong tidak lengket dan hasilnya rapi). Katanya, sih, bila disimpan dalam toples kedap udara akan tahan 2-3 hari. Tapi saya belum coba.


Resep asli dari sini.


Oh, ya. Jangan sungkan untuk posting masakan atau kue-kue yang kita buat, yah. Siapa tahu rejeki datang dari situ. Seperti saya, setelah dijadiin Picture Profil di Black Berry Messenger, eh ada yang order 2 loyang. Sesuatu banget, yah. :D :D

 



You Might Also Like

2 komentar

  1. Lebih enak ini kan daripada brownis setengah kilo? Lebih nyoklat gitu :D

    ReplyDelete
  2. Iya. Tapi lumayan DCC hampir 250gram. Hehe.

    ReplyDelete

Flickr Images