Kenalkan Produk Lokal Sejak Dini

          Mencintai produk lokal sebaiknya ditanamkan sejak dini. Seperti mengenalkan produk lokal pada anak-anak. Sekarang ini, apa, s...



          Mencintai produk lokal sebaiknya ditanamkan sejak dini. Seperti mengenalkan produk lokal pada anak-anak. Sekarang ini, apa, sih, yang disukai anak yang dari luar negeri? Banyak. Dari  game, idola, dan kaos-kaos branded.
         Sekitar tiga tahun yang lalu (tepatnya Oktober 2012), saya mengenal salah satu produk kaos anak buatan lokal, meski awalnya gambar karakter yang ada pada kaos tersebut bukan gambar lokal, tetapi dari pembuatannya, seperti bahan, sablon, dan para pekerjanya semua asli dari Indonesia. Dan kebetulan pemilik produk kaos anak ini adalah sahabat saya. Sahabat saya ini menamakan produknya dengan nama Woozles, yang khusus memproduksi kaos anak berkarakter yang diproduksi di Bandung.
        Nah, satu tahun ke belakang ini, produk Woozles membuat karakter baru yang mengambil tema muslim. Ternyata penerimaan konsumen sangat positif. Dengan mengutamakan kualitas yang baik, menjadikan kaos Woozles selalu ditunggu dengan gambar karakter terbarunya. Apa sih yang menjadikan sebuah produk kaos anak memiliki kualitas yang bagus dan banyak digemari konsumen?
Bagian Produksi Woozles

Saat penyablonan kaos Woozles

Jenis Bahan
Untuk mengutamakan kualitas, pilihlah bahan yang nyaman dipakai untuk anak-anak. Mudah menyerap keringat, bahan tidak terlalu tipis dan memiliki warna-warna yang cerah. Harus diperhatikan juga, untuk warnanya  tidak akan luntur. Jenis bahan yang nyaman dipakai untuk anak adalah jenis bahan Cotton Combed. Dan Cotton Combed pun memiliki jenis-jenis menurut ketebalan bahannya. Biasanya untuk kaos anak menggunakan bahan cotton combed 20's atau 24's. Ada juga cotton combed jenis 30's, jenis ini biasanya untuk produksi kaos distro. Untuk produksi kaos Woozles menggunakan Cotton Combed 20's.
Produk kaos muslim Woozles

Sablon
Kualitas sablon yang bagus  adalah sablon yang tidak mudah mengelupas dan tidak lengket. Banyak jenis sablon yang digunakan untuk kaos. Diantaranya dengan menggunakan sablon manual dan digital. Salah satu jenis  sablon manual adalah rubber, yang cocok digunakan di kain yang gelap mau pun terang. Dan untuk jenis sablon  digital salah satunya adalah sablon printing DTG(Direct To Garment). Kedua jenis sablon di atas memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya. Untuk sablon manual rubber memiliki kelebihan warna sablon yang tidak mudah pudar, tapi kekurangannya adalah proses pengerjaannya lama. Dan untuk sabon printing DTG, kelebihannnya adalah dalam proses pembuatannya cepat, cukup 10 menit saja. Tapi kekurangannya, warna sablon cepat pudar. Nah, untuk kaos Woozles, sablon yang digunakan adalah sablon manual rubber.

Produk kaos muslim Woozles lrngan 3/4


Warna dan gambar
Khusus untuk kaos anak-anak, warna menjadi salah satu penunjang untuk menarik perhatian. Warna yang cerah lebih diutamakan untuk membuat kaos anak. Selain itu, motif, gambar atau karakter yang ditampilkan harus memiliki tema yang disukai anak-anak juga. Misal, karakter hero atau kartun yang sedang booming.
Produk kaos muslim Woozles lengan panjang

Selain kualitas produknya yang bagus, untuk meningkatkan minat konsumen pada produk yang kita jual, cara penjualan dan pendekatan pada konsumen pun perlu diperhatikan. Misal cara melayani konsumen saat mereka ingin membeli produk kita. UntukWoozles, penjualan produk lebih banyak dilakukan secara online. Karena sejak awal memang diprogram untuk penjualan online. Yang ditanamkan oleh pemilik Woozles pada para resellernya dalam berjualan adalah kejujuran dan menjaga silahturrahim. Kedua kekuatan itulah yang menjadi kunci keberhasilan dalam berbisnis (khususnya berdagang).Hingga berjalan lebih dari tiga tahun, Woozles masih tetap memiliki banyak peminat. *Alhamdulillah.

Nah, mulai sekarang, tidak ada lagi alasan untuk tidak memilih produk-produk lokal. Karena produk lokal memiliki kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan produk luar negeri. Menggunakan produk-produk lokal, selain untuk lebih mencintai produk sendiri, bisa membantu pengusaha-pengusaha kecil dan menengah di Indonesia.
Jadi, tunggu apalagi. Yuk, ajak anak-anak kita untuk mencintai dan memilih produk-produk Indonesia. ;)

You Might Also Like

9 komentar

  1. Keren kaosnya. Emang local produk top punya. Sayang mba terlalu mepet dl ya. Btw saya juga masih setia jd deadliners padahal pernah ngalamin spt mba tapi blm kapok juga hehehe

    ReplyDelete
  2. Pada kreatif y dlm menangkap pluang, jd pingin bisnis jg ni daku

    ReplyDelete
  3. Iya, Mbak Ety. Huhu, udah sampe tengah malam ngetik, taunya ada syarat yg belum terpenuhi. Hiks.

    ReplyDelete
  4. Mbak Pratiwi, yuk berbisnis. Hehe

    ReplyDelete
  5. Ini pasarnya bagus banget kan ya? Baju anak mah nggak pernah sepi.
    Eh ada ukuran buat Aksa ga sih?

    ReplyDelete
  6. Produk ini emang pangsa pasarnya keren deh, dan laku pisan. Kalau mau endorse boleh kok #eeh

    ReplyDelete
  7. Ceu langit, maaf baru bales. Ukuran Aksa ada. Hehe

    ReplyDelete
  8. Tian, boleh-boleh. Fee-nya pale senyum, yah. Hahaha

    ReplyDelete

Flickr Images