Mau Stamina Oke? Di Madu Aja.

Eitss, jangan heboh dulu sama judulnya, khususnya yang perempuan. Hehe. Tapi untuk laki-laki, saya yakin mereka bakal cari pembenaran.*upss...


Eitss, jangan heboh dulu sama judulnya, khususnya yang perempuan. Hehe. Tapi untuk laki-laki, saya yakin mereka bakal cari pembenaran.*upss


Beberapa hari ini, bahkan bulan-bulan sebelumnya, saya sering dilanda sakit kepala. Bahkan sakit kepala yang kadang terasa mual. Entah apa penyebabnya. Mungkin kurang olah raga, kurang istirahat, atau kurang piknik? Haha, entahlah. Kalau sudah begitu, saya memilih untuk istirahat, tidur. Benar-benar tidur, menanggalkan segala pikiran yang membuat saya semakin pusing. Intinya mah rileks. Bikin santai dulu, deh, pikirannya.

Saya juga termasuk orang yang tidak gampang minum obat. Bukan parno, tapi lebih berhati-hati aja. Konon kebanyakan obat kimia kurang bagus juga, yah. Terutama untuk ginjal. Apalagi saya termasuk yang jarang minum (akhir-akhir ini).

Lalu apa yang bisa bikin saya fit lagi jika terserang sakit kepala? Selain tidur, saya minumkan dengan air hangat dan madu. Cukup satu sendok makan saja, setelah itu saya istirahatkan tubuh saya. Dan biasanya setelah bangun tidur, tubuh saya akan terasa lebih enak dan sakit kepalanya hilang. 
Sebenarnya minum madu itu tidak perlu menunggu saat kita sedang sakit saja, loh. Madu bisa diminum tiap pagi setiap bangun tidur dan malam menjelang tidur, cukup satu sendok makan saja. Apalagi dengan cuaca yang cukup ekstrim, entar hujan, entar kemarau, panas dan dingin. Tapi berhubung saya bandel (jangan ditiru), jadi saya minum saat saya sedang kurang fit saja. 
Tapi, kenapa harus minum madu, sih? Ya, karena mertua saya berjualan madu. Hahaha. Mungkin itu salah satunya. Tapi ada alasan lain, loh, kenapa harus minum madu. ;)

Madu dengan kekentalan yang pas, warna yang kuning, dan bau yang normal.

Semua pasti sudah tahu kan, madu memang baik untuk kesehatan. Madu juga memiliki beberapa bagian dan kandungan di dalamnya. Biar lebih jelas lagi apa saja manfaatnya, ini diantaranya:

1. Bee Pollen

Bee Pollen adalah serbuk sari bunga jantan yg dikumpulkan lebah pekerja. Kandungannya sangat lengkap dan kaya akan nutrisi. Mengandung zat yang berkhasiat mengendurkan dan membesarkan pembuluh darah (Terranov 1997). Bee Pollen terdapat pada  madu yang masih berbentuk kasar dan belum diproses. Khasiatnya banyak sekali, beberapa diantaranya untuk mengatasi kesulitan BAB, pernapasan, alergi, ginjal, jantung, prostat, mengurangi efek negatif kemo therapy, dan menormalkan tekanan darah.
Bee Pollen, dengan bentuk yang masih kasar (kiri) dan halus (kanan)

2. Royal Jelly
Royal Jelly dikenal juga sebagai "susu lebah", yang merupakan  makanan larva lebah sampai umur 3 hari. Dan juga makanan dari Ratu Lebah, sehingga ukuran Ratu Lebah hampir dua kali ukuran tubuh lebah pekerja. Usia Ratu Lebah pun lebih lama dibandingkan usia lebah pekerja. Dan Ratu Lebah mampu bertelur sebanyak 2000 butir/hari. (Uwow, banyak banget). Bagi manusia, khasiat Royal Jelly banyak sekali, karena Royal Jelly memiliki beberapa kandungan, salah satunya Hormon Asetikolin, yang dalam jumlah besar berkhasiat melebarkan pembuluh darah dan mengaktifkan sistem saraf. Beberapa khasiat yang terkandung dalam Royal Jelly, diantaranya menghambat proses penuaan, Leukemia, Kanker, Herpes, dan lain lain.

3. Propolis
Propolis merupakan getah yang berasal dari batang pohon kulit kayu yang dikumpulkan dan diproses dengan sekresi cairan ludah lebah. Propolis juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membunuh mikro organisme (bakteri, jamur, virus) penyebab infeksi, luka bakar, keguguran, aktifitas anti oksidan yang sangat kiat, hipertensi dan nyeri otot. Propolis ini banyak terdapat di bagian dari sarang lebahnya. Bahkan Propolis disebut juga sarang lebah

Sarang Lebah/Propolis. Dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah seperti permen karet.


Wah, ternyata kandungan yang terdapat pada madu banyak sekali manfaatnya. Karena memang sudah jelas, di Al-Qur'an pun dibeberkan tentang peranan lebah dalam mengolah madu dan kegunaannya. (Al-Qur'an Surat An-Nahl:69). 

Dan sebenarnya, madu yang baik itu, madu yang diolah tanpa proses pemanasan (bisa disebut juga madu mentah). Ciri madu yang baik adalah cairannya kental, tidak encer, bau normal, rasa manis dan warnanya kuning.

Untuk saya pribadi, selain khasiat di atas, saya memanfaatkannya untuk masker wajah. Madu dicampur dengan putih telur (lebih bagus lagi putih telur ayam kampung), kemudian usapkan rata di wajah. Tunggu beberapa menit hingga terasa kaku. Lalu bilas dengan air hangat, kemudian air dingin. Konon cara itu bermanfaat untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah. 
Dan untuk manfaat lainnya, saya biasa memberikan madu 1sendok teh/makan pada anak yang sedang demam, selama dua jam sekali. Jika dua hari panasnya tidak turun-turun, baru saya kasih obat penurun panas atau ke dokter.Tapi biasanya, begitu anak saya sudah mulai terasa meriang/hangat tubuhnya, saya langsung berikan madu. Alhamdulillah, sakitnya tidak berlanjut. Untuk batuk atau radang tenggorokan, madu juga sangat efektif.

Jadi gimana? Setelah tahu khasiat dari madu, apakah siap untuk dimadu? Eh, maksudnya siap untuk minum madu? :D :D
Oke, semoga info di atas bermanfaat, yah. ;)

You Might Also Like

6 komentar

  1. Aku dulu juga sering pakai masker madu. Ya karena memang bikin lembut aja di wajah. Tapi sekarang sudah jarang lagi.

    ReplyDelete

  2. Belum pernah pakai madu untuk masker wajah, tapi kalau untuk bibir suka. Jadi yang halus bibirku doang, wkwkwkw.

    Thank for sharing, Day. Nanti dicobain ;)

    ReplyDelete
  3. aku beberapa kali beli madu sering dapat yang palsu mbak >.<

    ReplyDelete
  4. Mak Ria, iya mungkin karena sekarang banyak cream instant yang tinggal poles dan wajah jadi kinclong, jadi males ribet, yah. Haha

    ReplyDelete
  5. Oh iyaaaa, buat bibir juga oke, apalagi yg sariawan.

    Sama2 Dydie. ;)

    ReplyDelete
  6. Mbak Ria Mustika, kalau mau yang asli, beli di aku aja. Dijamin asli. *tetep jualan. Hahaha

    ReplyDelete

Flickr Images