Apple Pie

Tiba-tiba, hari Minggu kemarin, terbersit pikiran untuk memanjakan diri di dapur. *halaah, memanjakan diri, kok, di dapur. Ya, me time...




Tiba-tiba, hari Minggu kemarin, terbersit pikiran untuk memanjakan diri di dapur. *halaah, memanjakan diri, kok, di dapur. Ya, me time saya mah gak harus mahal dan muluk-muluk. Sodorin aja bahan-bahan kue dan oven, pasti anteng. Hahaha.
Yup, jadilah weekend kemarin saya bakingan. Ada rencana mau mencoba membuat Pie Apel. Sebenernya keinginan untuk membuat pie sudah cukup lama. Suka mupeng kalau liat postingan orang lain dengan kue pie-nya. Dengan topping atau isian yang bermacam-macam. Ada yang diisi vla dan buah-buah segar, apel, coklat, brownie, dll. Waktu itu saya cuma gigit jari, karena belum punya loyangnya dan belum punya keberanian untuk membuatnya. Cari di toko loyang Pasar Baru Bandung, habis. Cari di toko online, belum nemu yang cocok.
Kebetulan, beberapa minggu yang lalu ada teman yang mentag saya ke seseorang yang punya bakulan macam-macam loyang. Pucuk dicinta ulam pun tiba (hihi, peribahasa jaman kapan, nih?), akhirnya saya order deh loyangnya.
Loyangnya udah ada, terus selanjutnya? Duh, bisa gak yah bikin Pie? Misi selanjutnya, cari resep pie yang cocok (baca: gak ribet). Ketemu, deh, sama resep Apple Pie-nya Mbak Ricke di blog My Just Ordinary Kitchen-nya. Menurut saya, sih, mudah dipahami dan dipraktekkkan. Walau kudu sabar dan telaten nyetak-nyetak dan memotong adonannya biar kelihatan syantik. Hehe.
Ya udah, sekarang waktunya  uji nyali, yuk, dengan resep Apple Pie.  😉

APPLE PIE

Bahan Pie Crust:

500 gram terigu (saya pakai terigu segitiga)

300 gram margarin

3 kuning telur

2 sdm gula halus

½ sdt garam

1 sdt vanilla bubuk



Bahan isi:

6 buah apel malang (saya pakai 4 buah, cari yang hijau dan agak asam)

1 sdm air jeruk lemon

100 gram gula pasir

2 sdm gula aren bubuk (bisa diganti dengan gula merah iris halus)

¼ sdt garam

2 sdt kayu manis bubuk (peres)

2 sdm maizena

50 gram margarin

50 gram kismis, rendam air panas, tiriskan dan cincang kasar (saya gak pakai)


Olesan:

2 kuning telur, kocok lepas


Cara membuat:

1. Isi: Kupas kulit apel, buang bagian bijinya dan potong-potong dadu kecil.  Beri potongan apel dengan air jeruk lemon dalam satu wadah, aduk rata. Masukkan gula pasir, gula aren bubuk/gula merah, garam dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Simpan dalam lemari es selama 30 menit hingga apel keluar airnya. (Sementara menunggu apel di dalam kulkas, saya membuat Pie Crust)


2.  Kulit/Pie Crust: Campur margarin, kuning telur, gula halus, garam dan vanilla. Aduk rata. Masukkan terigu, aduk kembali menggunakan pisau pastry. Kalau tidak ada pisau pastry, bisa menggunakan dua garpu,  hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Satukan dan padatkan adonan kemudian bulatkan agar mudah dipulung.  Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di kulkas 30 menit hingga 1 jam. (Untuk mengadon Pie Crust, tidak sama seperti mengadon adonan roti atau donat. Pelan-pelan saja, tidak perlu dibanting-banting  :) )

Tahap pembuatan Pie Crust


3. Setelah campuran apel tadi sudah  30 menit di dalam kulkas, keluarkan. Taburi dengan maizena, aduk rata. Panaskan apel bersama airnya di atas api sambil diaduk-aduk hingga mengental dan apel agak lunak. Matikan api. Masukkan margarin pada campuran apel yang masih dalam kondisi panas, aduk rata hingga seluruh margarin meleleh. Masukkan kismis. Aduk rata. Dinginkan. (Sementara kita lanjut membuat kulitnya)


4. Siapkan cetakan Pie (saya pakai dua cetakan pie dengan diameter 18cm dan 20cm), oles cetakan pie  dengan margarin tipis-tipis. Ambil adonan yang sudah disimpan di dalam kulkas tadi secukupnya, gilas dengan ketebalan  sekitar 1/2-1cm, lebarkan selebar loyang yang akan dipakai. Kemudian masukan adonan yg sudah digilas dalam cetakan pie sambil ditekan-tekan dan dicetak mengikuti bentuk cetakan. Sisakan sedikit adonan untuk membuat anyaman tutup pie.

Loyang /Cetakan Pie dengan berbagai ukuran

5. Isi kulit pie dengan bahan isi hingga rata. 

Isi Pie. Lupa difoto, akhirnya difoto setelah dioven :D


6. Gilas tipis sisa adonan kulit pie, potong-potong memanjang sesuai ukuran cetakan. Buat motif anyaman di atas pie. Olesi permukaannya dengan kuning telur.

Apple Pie sebelum masuk oven

7. Panggang dalam oven dengan suhu 170’C-180'C (yang sudah dipanaskan sebelumnya) selama 30-50 menit (tergantung ukuran pie) hingga matang permukaannya kecoklatan dan fillingnya terlihat mendidih.


8. Angkat. Diamkan 15 menit dalam cetakan hingga agak hangat kemudian keluarkan dari cetakan dan dinginkan.


Apple Pie siap disantap ;)

Bagaimana? Mudah kan?  Kalau menurut saya, rasa pie ini mirip nastar. Isiannya pun tak jauh beda dari rasa isi nastar. Gak percaya? Coba aja bikin. :D

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images