Banana Monkey Bread

Kali ini saya mencoba membuat roti dengan judul Banana Monkey Bread . Sebenarnya resep dasar dari Monkey Bread ini adalah resep dari...



Kali ini saya mencoba membuat roti dengan judul Banana Monkey Bread. Sebenarnya resep dasar dari Monkey Bread ini adalah resep dari Killer Soft Bread, roti yang sedang kekinian di per-cooking-an di dunia maya. :D
Kenapa dinamakan Killer Soft Bread? Karena roti ini hasilnya lembut, begitu pun adonannya. Saat mengadonnya, saya tidak perlu memakai tenaga dalam apalagi sampai membanting-banting. Cukup diuleni hingga tercampur dan kalis. Dan kenapa jadi dinamakan Monkey Bread? Karena adonan dibuat bola-bola kecil, seperti monkey. Iya gitu? Haha, mungkin. Sampai sekarang belum ada yang tahu pasti, kenapa dinamakan Monkey Bread.
Resep ini saya ikutkan juga dalam lomba yang diadakan @rempahindonesia di Instagram. Bahan dasar adonannya Monkey Bread, tapi boleh dimodifikasi dengan toppingan atau tambahan bahan lain.
Dan saya memilih menambahkan dengan pisang. Kenapa saya pilih pisang? Ya, pengen aja, kebetulan si kecil (anak saya) lagi suka pisang dan ada stok pisang di rumah.
Caranya, pisang ditumbuk terlebih dahulu kemudian dicampur dengan adonannya. Awalnya saya sempat khawatir hasilnya akan keras, karena adonan yang dicampur dengan pisang makin basah, akhirnya saya tambahkan tepung lagi sedikit-sedikit sambil berdoa semoga hasilnya tidak keras. :D
Berharap menang dengan resep yang saya buat? Pastinya. Tapi kalau pun gak menang, ya gak apa-apa. Hehehe.
Baik lah, akan saya bagi resep dan cara membuatnya. Barangkali bisa menjadi menu favorit keluarga anda. ;)

Saya pakai pisang ini untuk Banana Monkey Bread


Banana Monkey Bread
Bahan:
250 gr Tepung terigu cakra
3gr ragi instant
1 butir telur (berat bersih)+susu fullcream=180gr
30 gr gula pasir
2 gr garam
30 gr butter
Pisang ambon 2 buah, tumbuk

Untuk Pelapis:
25 gr mentega, lelehkan
1 cangkir gula pasir
1 ¼ sdt bubuk kayu manis
Cara Membuat:
-Campur terigu, ragi, gula, garam, aduk rata. Masukkan pisang yang sudah ditumbuk bersamaan dengan campuran telur dan susu, aduk dengan tangan sampai setengah kalis.

 
Pisang yang sudah ditumbuk, dicampur ke tepung terigu dan bahan lainnya
-Tambahkan mentega, aduk kembali sampai kalis. Jika adonan masih lengket di tangan, tambahkan terigu. Uleni sampai “window pane stage” (bial adonan ditarik tidak mudah sobek). Stage ini penting untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Campuran 1 butir  telur dan susu full cream hingga beratnya menjadi 160 atau 180gr


-Giling adonan setebal ½-1cm, iris memanjang, potong kira-kira 2x2cm. Bulatkan adonan menjadi bola-bola kecil.

 
Adonan yang sudah kalis, digiling hingga setebal 1/2-1cm$%
-Roll ke bahan pelapis. Lumuri dengan mentega cair, lalu ke campuran gula pasir dan kayu manis.

Adonan bola-bola kecil yang dilumuri mentega cair dan campuran gula dan bubuk kayu manis

Adonan Banana Monkey Bread dimasukkan dalam cup muffin. Menunggu Proofing.

-Letakkan adonan bola yang sudah dilapis ke dalam loyang muffin yang sudah dioles minyak/mentega. Atau bisa menggunakan  cup muffin. 1 cup berisi 3 bola-bola kecil. Tunggu sekitar 30 menit proses proofing.
-Panggang Banana Monkey Bread dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang dengan suhu 170-175 derajat celcius selama 20 menit.
-Jika sudah matang, keluarkan dari oven. Banana Monkey Bread siap disajikan.  

Taraaa, Banana Monkey Bread sudah jadi. 😉


Selamat mencoba, yah! ;)

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images