Seru-seruan di Acara UrFlavorMarket bersama Food Blogger

Foto bareng Blogger Bandung Menghadiri undangan acara Food Blogger dari Blogger Bandung merupakan sebuah semangat baru lagi buat saya...


Foto bareng Blogger Bandung

Menghadiri undangan acara Food Blogger dari Blogger Bandung merupakan sebuah semangat baru lagi buat saya untuk ngeblog. Setelah beberapa minggu vakum karena keadaan yang membuat saya tidak fokus.
Nah, ketika ada undangan dari Blogger Bandung Sabtu kemarin (tanggal 13 Februari 2016), saya langsung menyambutnya dan semangat untuk ikut. Lokasi acaranya di Trans Studio Mall Bandung. Dari tempat saya (daerah Sukajadi) menuju  ke lokasi cukup memakan waktu yang lama, sekitar setengah jam. Apalagi masalahnya kalau bukan macet.  Maklum Weekend di Kota Bandung, tau lah. :D

Penampilan Musik SKA, sebelum acara Food Blogger dimulai
            Tapi Alhamdulillah, ketika saya datang acara belum dimulai. Acara yang diselenggarakan mengusung tema #UrFlavorMarket. Sesuai dengan temanya, gak heran kalau banyak macam makanan dijajakan di sana. Dari Mie kocok, Gorengan, Minuman, sampai makanan berat seperti Steak. Dan yang lebih menggembirakan lagi, tiap Blogger berhak mendapatkan satu kupon gratis untuk mencicipi makanan di salah satu kedai yang telah ditentukan. Dan saya mendapatkan kupon di stand Wild Grill. Seperti apa makanan yang disediakan Wild Grill? Entah lah, nanti saja menukar kuponnya setelah acara usai.

Coupon Promo from Wild Grill
Setelah Registrasi terlebih dahulu, saya dan teman-teman lain mencari posisi enak untuk menyimak acaranya. Saat itu panggung masih diisi dengan tampilan Musik Ska. Meski agak menggema-gema dan  bising,  cukuplah menambah kemeriahan acara UrFlavorMarket saat itu.
Akhirnya, acara yang ditunggu-tunggu pun tiba. Siap-siap duduk manis dengerin obrolan tentang Food Blogger. Meski terik matahari sore  menimpa wajah sebelah kanan saya (mudah-mudahan gak belang, nih, muka), saya tetap menyimak acaranya dari awal sampai akhir. Apalagi duo MC-nya bikin saya melek, Raja Lubis dan Mbak Damai. Hehehe. Saya rasa keheboan acara Food Blogger ada ditangan kedua MC itu. Hihi.

Duo MC yang bikin suasana cukup heboh :D Raja Lubis dan Damai
Setelah kedua MC membuka acara, akhirnya ketiga tamu yang akan menjadi nara sumber acara Food Blogger pun naik ke atas panggung. Di awali dengan Ika Rahma (Dapur Hangus), Putra Agung (TheFoodXplorer), dan dr. David (DF clinic).

Tiga Narasumber: Ika Rahma, dr. david, Putra Agung.
Jadi, apa sih sebenarnya yang perlu diperhatikan oleh seorang Food Blogger untuk memotret sebuah makanan? Properti. Yup, sebenarnya memotret makanan dengan properti makanan itu gak salah, tapi sesuaikan dengan tujuannya. Beda lagi kalau makanan yang kita potret itu untuk dijual. Gak perlu terlalu banyak menggunakan properti saat memotretnya. Wadah juga menentukan bagaimana makanan tersebut akan terlihat stand out. Ika Rahma menyarankan sebaiknya menggunakan properti berwarna putih atau boleh juga warna lain, asalkan simple.
Mas Putra Agung pun menambahkan, idealnya saat memotret makanan adalah pada siang hari. Cahaya yang dihasilkan lebih natural. Gak perlu lighting tambahan, cukup dari matahari saja. Makanya motto dari seorang food blogger adalah, “Shoot Your Lunch, Enjoy Your Dinner”. Maksudnya adalah jika siang hari cahaya yang dihasilkan lebih natural(kalau tidak mendung dan hujan), sedangkan kalau malam hari harus memakai bantuan cahaya lampu atau lainnya. 

Beberapa peserta yang sibuk nge-tweet  untuk ikutan lomba live tweet :D

Eh, ngomong-ngomong soal memotret makanan, makanan yang kita potret harus diperhatikan juga, lho. Sehat atau tidak untuk tubuh kita? *Nah, lho.
Dr. David dari DF Clinic menyarankan agar menyeimbangkan makanan yang kita konsumsi supaya tetap sehat. Misal, kalau hari ini kita sudah makan banyak goreng-gorengan, maka tiga hari ke depan harus diperbanyak makan sayur-sayuran. Tapi ada baiknya, kurangi makanan yang serba digoreng. Selain bisa menyebabkan  kolesterol tinggi, juga bisa mempengaruhi keadaan kulit tubuh. Kalaupun tetap ingin mengkonsumsi gorengan, sebaiknya menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa asli, yah, bukan yang abal-abal. :D
Duh, beneran deh, saya agak-agak minder liat dr. David. Kulitnya kok bisa kelihatan mulus gitu, yah? Ternyata itulah yang diterapkan dr.David, seimbang dalam mengkonsumsi makanan. Seperti orang Sunda katanya, kalau makan lebih suka yang dikukus dan lalap-lalapan. Ngomong-ngomong lalapan, mengkonsumsi row food juga bagus, asalkan dilihat kehiegienisan sayurannya. Lebih bagus lagi memilih  sayuran yang organik, tidak menggunakan pestisida.
Tuh, kalau mau kulitnya halus, mulus, dan kinclong, kurangi goreng-gorengan. *Abis itu melipir ke penjual bala-bala. :D

Bala-bala Jeletot, salah satu makanan yang dijajakan di acara UrFalvorMarket


Stan Wild Grill



Grilled Platter and Chicken Wings by Wild Grill.

Free Cheese Cake by Sponsor. Cheese Cake-nya enak, tapi sayang cuma sedikit. :D

Sayangnya, acara ini cuma diberi waktu sebentar dari penyelenggara. Sesi food fotography-nya kurang. Tapi gak apa-apa setidaknya ada sedikit ilmu yang saya dapat.

Setelah acara bincang-bincang selesai, diadakan sesi tanya jawab. Yang bertanya mendapatkan hadiah dari beberapa sponsor. Dan di tengah acara, para peserta mendapatkan free cheese cake. Selain mendapat hadiah bagi yang bertanya, ada juga hadiah untuk pemenang Live Tweet dan Instagram. Yeaay, Dyah Prameswarie sebagai pemenang Live Tweet mendapatkan hadiah dari Smartfren dan Nurul (Ulu)Wachdiyyah sebagai pemenang posting di Instagram.

Dua pemenang live tweet dan instagram welfie denga duo MC dan Kang Ali Muakhir.
Alhamdulillah, acara selesai dan berjalan lancar selama satu jam. Selanjutnya adalah saatnya menjelajahi jajanan. Karena waktu sudah sore, saya hanya mencicipi gorengan Bala-Bala Jeletot  dan menukar kupon di Wild Grill. Setelah itu saya pulang sekitar pukul 17.30

Acara yang seru dan menyenangkan, semoga akan ada lagi acara seperti ini dengan materi yang lebih banyak dan waktu yang lebih panjang.
Terima kasih buat Blogger Bandung. ;)

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images