Kedai Beraroma Timur Tengah

Kalau mendengar nama Nasi Kebuli, pasti yang terpikir adalah makanan Timur Tengah yang terdiri dari rempah-rempah yang khas. Aromanya teras...

Kalau mendengar nama Nasi Kebuli, pasti yang terpikir adalah makanan Timur Tengah yang terdiri dari rempah-rempah yang khas. Aromanya terasa saat kita menyantapnya. Wangi kapulaga, cengkeh, bunga peka, jahe, kayu manis, dan bumbu lainnya yang menambah keharuman dari aroma khas Nasi Kebuli. Apalagi menumisnya pun menggunakan minyak samin, minyak yang berupa mentega dari lemak hewani (kambing, sapi, atau unta).
Biasanya Nasi Kebuli disajikan dengan pelengkap daging kambing. Entah daging kambingnya dicampur dalam nasinya atau terpisah sebagai lauknya. Plus taburan kismis yang menambah rasa segar saat mencicipinya.



Duh, ngomongin Nasi Kebuli jadi kepengen. Apalagi bulan puasa gini. Berbuka puasa dengan menu Nasi Kebuli kayaknya enak. Apa perlu yah ke Timur Tengah dulu untuk mencicipinya? :D
Gak perlu ke Timur Tengah. Bagi kamu yang berada di Bandung dan ingin mencicipi rasa Nasi Kebuli, kamu bisa mampir aja ke New Tubiz Eat n Chat, di Jalan Tubagus Ismail No. 45. Di sana ada satu kedai yang bernama Kedai Grengseng, kedai yang baru saja beroperasi bulan April 2016.
Saat saya ke sana bersama teman-teman beberapa waktu lalu, kami disambut dengan Mbak Ria, sang pemilik kedai. Kami pun disuguhi Nasi Kebuli Kambing, karena menu itu yang menjadi andalan di kedai tersebut. Saat mencicipinya, aroma khas kebuli memang terasa tapi kurang kuat. Memang itulah yang sengaja diciptakan si pemilik. Jadi, Nasi Kebuli yang mereka sajikan bukan benar-benar nasi kebuli, hanya aromanya saja yang mendekati. Bahkan cara memasaknya pun berbeda. Boleh dibilang ini seperti Nasi Goreng Kebuli Kambing yang sengaja dibuat untuk lidah orang Indonesia. Iyess, daging kambingnya ada dalam campuran nasinya. Ketika saya mencicipi keseluruhannya, aroma daging kambingnya tidak tercium. Buat yang tidak suka kambing, mungkin masih bisa mencicipinya. Ternyata untuk menghilangkan aroma kambing yang menyengat, Mbak Ria mengatakan, saat memasaknya si daging kambing dimasak terlebih dulu dengan cara diungkep dan dibumbui. Dan kambing yang digunakan pun daging kambing muda, rasanya lebih gurih dan yang penting rendah kolesterol (Tuh!). Jadi begitu masuk ke dalam campuran nasi tidak tercium bau kambingnya. Note, bisa ditiru tuh cara masaknya. Hehe.



Oh ya, selain menu Nasi Goreng Kebuli, ada Samosa yang juga tertulis di daftar menu Kedai grengseng. Yup, Samosa juga termasuk makanan khas Timur Tengah berupa snack. Cocok untuk teman ngobrol sambil ngupi-ngupi. Kulit Sambosa mirip dengan kulit pangsit yang dibentuk segitiga saat membungkusnya, isinya terdiri dari daging giling (sapi atau kambing), kentang, dan bumbu kari. Rasa bumbu kari ini lah yang menjadi aroma khasnya. Hmm, rasa renyah saat menggigit Samosa di Kedai Grengseng, bikin saya nagih pengen lagi dan lagi. Apalagi dicocol dengan saus sambal. Cocok banget, deh, sebagai menu pembuka di saat berbuka puasa.



Untuk menemani makan Nasi Goreng Kebuli Kambing dan Samosa, untuk menyegarkan tenggorokan, kami disuguhi minuman yang memiliki beberapa rasa yg unik. Diantaranya, Timun Serut Lemon, Jus Leci, dan Lemon Sensation. Minuman yang diracik oleh salah satu kedai yang berdekatan dengan Kedai Grengseng, nama tempatnya Baba's. Saya akui, deh, minuman Timun Serut Lemon ini benar-benar menyegarkan, saya sedikit mencicipi dari teman saya, karena saya memilih memesan Jus Leci. Saat saya menyeruput jus Leci, ada rasa manis menyusup ke dalam tenggorokan saya. Dan beberapa buah Leci utuh yang bisa saya nikmati juga.

        


Hmm, hari itu saya dan teman-teman cukup puas menikmati hidangan yang tersaji. Suatu saat, jika ada kesempatan, saya akan kembali lagi untuk mencicipi Nasi Goreng Kebuli dan Samosa dari Kedai Grengseng. Dan kayaknya pas untuk tempat acara berbuka puasa bareng keluarga maupun teman-teman.
Oke, selamat mampir ke Kedai Grengseng di Tubiz Eat n Chat. ;)



Kedai Grengseng Kambing
New Tubiz eat n chat, JL. Tubagus Ismail 45a

Instagram: @kedaigrengsengkambing

Harga:
Nasi Goreng Kebuli: 25.000,-/porsi
Samosa: 30.000,-/porsi

Buka: 10.00-22.00

You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images