Yuk, Cicipi Kuliner Samarinda

Cita-cita untuk keliling dunia mungkin impian semua orang. Bisa melihat langsung keajaiban atau kekhasan yang ada di setiap tempat yang kit...

Cita-cita untuk keliling dunia mungkin impian semua orang. Bisa melihat langsung keajaiban atau kekhasan yang ada di setiap tempat yang kita kunjungi itu adalah sesuatu yang luar biasa. Bagi yang suka travelling, hal itu bisa diagendakan oleh mereka setiap tahun atau mungkin juga setiap 6 bulan sekali.
Kalau saya ditawari untuk berkeliling dunia? Ya, mau dong. Tapi jangan jauh-jauh dulu, jangankan keliling dunia, keliling Indonesia pun saya mau, apalagi tinggal pergi tanpa memikirkan biayanya. Hehe. 
Dari beberapa tempat di Indonesia,  yang pernah saya kunjungi baru beberapa gelintir saja. Diantaranya Aceh, Medan, Palembang, Jogjakarta, Jember, dan Malang. Jakarta, Bandung, dan Tangerang sih gak perlu dihitung ya? Hihihi. 
Kebanyakan tempat yang saya kunjungi itu berada di Pulau Jawa dan Sumatera, karena di tempat-tempat tersebut ada sanak saudara saya bermukim.
Setiap tempat yang saya kunjungi, selain tempat wisatanya yang jadi tujuan utama, yang pertama dicari adalah makanan khasnya.
Di Aceh ada masakan yang namanya Ayam tangkap, yang terbuat dari ayam kampung yang dipotong dan diberi bumbu-bumbu dengan taburan daun pandan dan salam. Saya pernah mencobanya dan rasanya enak karena banyak bumbu dan rempah-rempah yang dicampurkan dalam masakan Ayam Tangkap tersebut. Dan kenapa namanya Ayam Tangkap? Mungkin harus kejar-kejaran dan ditangkap dulu ayamnya sebelum dimasak. Xixixi, asal.
Begitu juga ketika saya berkunjung ke Medan, ada Lontong Medan yang menjadi makanan khas daerah sana. Lontong Medan ini diberi kuah santan dengan sambal tauco dan udang.
Nah, beda lagi dengan Palembang. Semua pasti tahu makanan khas yang memiliki jembatan Ampera itu. Yup, Pempek. Siapa yang gak kenal Pempek, di Bandung pun sudah banyak yang menjualnya.
Begitu juga dengan Jogjakarta, makanan khas Gudegnya sudah dijual di beberapa penjuru Indonesia.

BACA juga Resep Makanan Khas Sunda

Aah, kalau ngomongin makanan memang tidak akan pernah habisnya. Tapi itu belum seberapa. Ada satu tempat lagi yang bikin saya kepengen banget untuk berkunjung ke sana.
Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya sempat ngobrol dengan teman SMP saya via WhatsApp. Dia sekarang bekerja di Samarinda, Kalimantan Timur. Dia lalu bercerita tentang beberapa makanan khas di sana.
Beberapa makanan khas Samarinda, Kalimantan Timur:
-Ikan Patin Bakar Bambu. Sebelumnya, yang saya tahu, Patin itu dipindang. Hehe, itu mah khas dari Palembang. Tapi yang ini beda. Ikan Patin diberi bumbu-bumbu dasar yang sudah dihaluskan dan ditumis, kemudian lumuri ikan patin dengan bumbu, bungkus dengan daun pisang, dan dimasukkan ke dalam bambu, lalu dibakar. Upss,agak ribet yah bikinnya. Sebenarnya Ikan Patin Bakar ini berasal dari Kalimantan Selatan atau Banjar masin. Tapi kebanyakan makanan Samarinda sudah terpengaruh oleh makanan dari Banjar juga.

foto dari sini
-Nasi Pundut. Sedangkan untuk Nasi Pundut, saya baru dengar nama makanan ini. Ternyata Nasi Pundut itu nasi yang dimasak dengan santan kemudian dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus kembali. Dimakan bersama sambal kacang dan cabe merah, biasanya dilengkapi juga dengan Telur Pindang. Wah, kayaknya saya sudah bisa membayangkan bagaimana rasanya. Tapi tetap saja saya ingin mencicipinya langsung. Hehehe.

foto dari sini
-Kepiting Bakar.  Nah, untuk yang satu ini, sudah kebayang bagaimana enaknya. Tanpa dibakar pun, cukup direbus saja dengan sedikit bumbu, rasanya nyooss, apalagi dibakar. Hwaaa, ngeces saya.

Mendengar cerita teman saya yang tinggal di Samarinda, membuat saya ingin berkunjung ke sana. Sepertinya banyak kuliner yang harus dijelajahi. Hihihi, makanan lagi, makanan lagi.
Tapi berhubung saya tidak memiiki sanak saudara di Samarinda, jadi bingung mau numpang tidur di mana. Xixixi, pengennya gratisan mulu. Tidur di hotel lah. Iya, pengennya sih cari hotel di Samarinda yang gak perlu banyak ngeluarin kocek sampai dalam. Hehehe.

BACA JUGA: Perjalanan Seru Keliling Pulau Jawa

Hmm, hari gini masih bingung cari-cari hotel saat liburan? Kenapa gak klik ke Traveloka aja, sih. Banyak banget tuh pilihan hotel yang kamu mau dan sesuai bugdet.

Hotel Aston, salah satu hotel yang rekomen di Samarinda. Foto dari sini


Tinggal pilih, klik, bisa langsung transaksi untuk booking kapan waktunya kamu mau. Ooh, gampang, ya.
Sip, sip....Jadi begitu sampai Samarinda, bisa bobo cantik di salah satu hotel di Samarinda dan besoknya bisa kulineran asyik sampai kenyang. Hahaha, mantap.
Oke, deh. Siap-siap jadwalin, kapan saya berkunjung ke Samarinda untuk menikmati Patin Bakar, Nasi Pundut, dan Kepiting Bakarnya. Sip! *ngeces lagi, deh. :D

You Might Also Like

12 komentar

  1. Banyak nian destinasi atau kuliner unik yang mesti dikunjungi di Indonesia. Di Samarinda saja sudah begini banyak, bayangkan kalau kita bisa mengelilingi Indonesia ya mbak. Betapa beragamnya Dapur Nusantara. Oh ya aku suka nasi Pundut. Gurih dan dimakan dengan sambal saja sudah cukup tapi kalau dilengkapi Ikan haruan lebih sip lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Evi.
      Wah, asyik udah pernah coba nasi pundut, aku jadi penasaran nih. hihi

      Delete
  2. Aku penasaran sama rasa nasi Pundutnya mbak, mungkin gurih berlemak gitu ya? terus ditambah ikan asin duh kayaknya mantap deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga penasaran, Mbak Riska. Yuk, kita ke Samarinda. :D

      Delete
  3. Mau ayam tangkap. Mau pundut nasinya. Lapeer :D

    ReplyDelete
  4. ikan patin khas samarinda enak mbak, aku pernah nyoba yang bikin asli orang sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? Duh, jadi mau. Hehehe.

      Makasih udah mampir ya, Mbak Mariana ;)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Djiaah jam segini saya baca ini, #lapiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya tiap jam kamu mah laper? hahaha *piss Kaka ;)

      Delete
  6. Waduh duh kapan nih bisa kesono buat bisa mencicipi kelezatanya :D

    ReplyDelete

Flickr Images