Kue Kering, Bukan Sekedar Suguhan Lebaran

Saat bulan puasa menjelang lebaran, penjual kue kering menjamur. Ada yang usaha dadakan hanya saat lebaran tiba saja atau memang usaha kue...

Saat bulan puasa menjelang lebaran, penjual kue kering menjamur. Ada yang usaha dadakan hanya saat lebaran tiba saja atau memang usaha kue di hari-hari biasanya. Tapi ada juga yang membuat untuk sendiri dan disajikan tamu-tamu saat lebaran tiba. Iya, memang ada kepuasan tersendiri kalau menyuguhkan hasil karya untuk para tamu. Apalagi hasilnya memuaskan dan disukai banyak orang. 

Seumur-umur, saya belum pernah mencoba membuat sendiri kue kering untuk lebaran. Kalau cuma bantu-bantu ibu saya sih sering. Ya, sekedar mengoles-oles kunjng telur di bagian atasnya atau mencetak adonannya. Hehe.

Nah, untuk lebaran kali ini, lagi-lagi saya belum bisa untuk mencoba membuat sendiri kue kering. Selain butuh waktu, saya gak sanggup kalau harus membuat sendiri. Hehe. Mungkin untuk lebaran tahun-tahun berikutnya saya akan mencoba. Jadi kali ini saya cukup memesan kue kering pada kakak ipar saya. Kebetulan lebaran tahun ini, dia berjualan kue kering. Ya, sudah sekalian berbagi rejeki,saya beli saja dari dia. Hahaha, alesan banget.
Ternyata usaha kue kering menjelang lebaran itu cukup menguntungkan.

Meskipun usaha ini banyak yang menjalaninya tapi rejeki sudah ada yang mengatur. Jadi jangan takut tidak laku, rejeki mah gak akan ketuker, tetap saja akan ada yang membeli. Apalagi kalau rasanya enak. :)
Seperti kakak ipar saya itu, dia mendapatkan orderan sebanyak kurang lebih 300 toples. Coba bayangkan kalau harga satu toplesnya 50-70rb, berapa omzet yang dia dapat dalam waktu kurang dari sebulan itu? *mulai ngitung :D

Lalu, apa saja sih jenis kue kering yang biasanya banyak digemari atau dijual pengusaha kue kering saat lebaran tiba?
Berikut nama-nama kue keringnya:

1. Kue Nastar
Kue Nastar termasuk kue kering yang wajib ada saat lebaran. Bahannya terdiri dari terigu, mentega/margarin, gula putih, dan telor. Dalamnya diisi selai nanas. Bentuknya bisa bermacam-macam, sesuai dengan kreasi sendiri-sendiri. Tapi kebanyakan berbentuk bulat, lebih mudah dan simple.

Kue Nastar


2. Kue Kastengel
Kue Kastengel termasuk kue kering favorit diantara kue kering lainnya. Mungkin karena rasanya lebih gurih dan renyah. Karena kastengel lebih banyak menggunakan keju saat pembuatannya. Dan biasa disebut kue keju juga. Bahan-bahannya hampir sama dengan kue Nastar, hanya saja ditambahkan parutan keju agar lebih gurih dan dibagian atasnya diberi parutan keju sebagai hiasan. Biasanya berbentuk persegi panjang.

Kue Kastengel


3. Kue Sagu Keju
Kue Sagu Keju sedikit berbeda dengan kue di atas sebelumnya. Karena tepung yang digunakan adalah sagu, bukan terigu. Ya jelas aja namanya juga Kue Sagu. Hehe. Bahan-bahannya terdiri dari sagu/tapioka yang harus disangrai terlebih dahulu. Adonannya pun dicampur dengan parutan keju. Rasanya krezzz, renyah dan gurih. Biasa berbentuk bunga atau disemprit. Kue Sagu Keju ini yang paling saya suka.

Kue Sagu Keju (kanan)


4. Kue Putri Salju
Kue Putri Salju memiliki nama yang cantik. Membayangkan seorang putri yang putih bersih. Hehheh. Tapi memang benar, sih. Kue Putri Salju ini memang dilumuri gula putih halus ketika sudah matang. Adonannya hampir sama dengan nastar, tapi biasanya ditambah cincangan kacang mede dan teksturnya lebih padat. Setelah dipanggang dan matang, kue dilumuri dengan gula putih halus hingga menutupi seluruh permukaan kuehingga berwarna putih seperti salju. Biasa berbentuk seperti bulan sabit. Putri Salju ini juga jadi kue favorit saya. :)

Itu beberapa kue kering yang biasa disajikan saat lebaran tiba. Bagaimana? Ada yang minat untuk menjadikan kue kering sebagai usaha tambahan saat lebaran tahun depan nanti? Hehehe.




You Might Also Like

3 komentar

  1. Aduh mba, sagu keju nya bikin aku kepengen... Kebetulan tahun ini gak ada sagu keju karena waktu mesen aku tau kue nya, tapi gak tau namanya -___- tau makan aja sih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mbak. Kue sagu keju ini favorit saya banget. Gak bosen makannya, pengen lagi pengen lagi. Hehehe

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete

Flickr Images