Hobi Mengkonsumsi Es Batu Saat Hamil. Bahaya kah?

Minuman dingin tawar, siapa yang tak tergiur?  Banyak yang protes saat saya asyik mengunyah es batu di kehamilan saya yang memasuki ...

Minuman dingin tawar, siapa yang tak tergiur? 

Banyak yang protes saat saya asyik mengunyah es batu di kehamilan saya yang memasuki trimester ketiga. "Ih, bumil gak boleh banyak-banyak minum es, nanti bayinya gede, loh." Itulah salah satu komentar yang ditujukan buat saya. Saya pikir kalau bayinya gede  bukannya bagus? Hehe, dasar ngeyel.
Tapi apa bener, kalau bumil sering mengkonsumsi es atau air dingin bisa bikin bayi besar? 
Oke, mari kita bahas, apakah ini fakta atau mitos? :D

Kriuk, kriuk, kriuk


Entah kenapa, setiap hamil saya suka sekali mengkonsumsi es batu. Diemut-emut sampai bisa dikunyah. Tau gak, suara kriuk-kriuk es batu saat dikunyah itu ada kepuasan tersendiri. Kayaknya nikmaaaat banget. Hahaha
Di kehamilan ke dua saya dulu, saya pun memiliki kebiasaan tersebut. 
Nah, di kehamilan yang ketiga ini, saya masih memiliki kebiasaan yang sama. Malah kayaknya lebih parah. Sehari gak ngunyah es batu, bisa sakaw. Hahaha. 
Di freezer harus ada stok es batu untuk cemilan. Tapi, saya mengkonsumsinya saat kehamilan memasuki trimester ketiga saja. 
Apakah kebiasaan ini berbahaya untuk kesehatan janin? Dan apakah benar kalau terus-terusan mengkonsumsi es batu atau minuman dingin bisa membuat bayi dalam kandungan menjadi besar? 
Ketika saya tanyakan tentang hal itu ke dokter kandungan tempat biasa saya periksa kehamilan, beliau malah tertawa dan katanya gak begitu pengaruh dengan berat badan bayi. Dokter malah mengatakan efeknya bisa menyebabkan batuk dan flu saja bagi si ibu hamil. Hehehe, pastinya. (Dan sekarang saya mulai flu dan pilek). Tuh kan, bandel, sih. :D

Berarti yang menyebabkan bayi menjadi besar itu cuma mitos? 
Tapi, apa kebiasaan mengunyah es batu itu memang kebiasaan yang wajar bagi ibu hamil atau kebiasaan saya saja yang aneh? Ternyata enggak. Malah ada sebutan untuk ibu hamil yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu.



PAGOPAGHIA
Pagopaghia adalah kebiasaan mengunyah es batu bagi ibu hamil. Nah, kan ada sebutannya pula. Jadi pagopaghia ini dorongan untuk mengunyah makanan yang tidak ada gizinya. Ibu hamil yang suka mengunyah es batu cenderung memiliki kekurangan zat besi atau anemia. Wah, mungkin benar. Karena saya baru saja tes laboratorium, salah satunya cek hemoglobin (Hb). Dan Hb saya di bawah standar seharusnya. Tercatat Hb saya 9,2. Sedangkan standar Hb normal minimal 12. Dan setelah tahu hasilnya, akhirnya saya kurangi mengkonsumsi es batu. Sebenarnya boleh-boleh saja ibu hamil mengunyah es batu tapi jangan terlalu sering. Apalagi hal itu dapat mengakibatkan ibu kekurangan zat besi dan kalsium. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi keadaan janin yang seharusnya tetap dijaga kehangatannya.
Ya, memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik efeknya. Tapi entah kenapa pada saat kehamilan saya memasuki trimester ketiga dorongan untuk mengunyah es batu semakin tinggi. Apalagi es batu yang tipis-tipis, yang jika dikunyah akan berbunyi kriuk-kriuk. Saya jadi berasa kuda lumping makan beling. Hahaha. Tapi enak. Xixixi.
Ada yang bilang, gak masalah mengunyah es batu atau minum air es, asalkan bukan air es manis yang dicampur dengan gula atau pemanis lainnya. Misal: Teh manis, Sirup, Es jeruk, dan Minuman lainnya yang banyak mengandung gula. Hal itu bisa menyebabkan berbagai macam komplikasi pada ibu hamil.

Ibu hamil yang senang memgkonsumsi minuman dingin manis, bisa menyebabkan efek seperti berikut ini:
1. Mudah lelah
2. Menggemukkan badan
3. Berat badan bayi berlebihan
4. Diabetes
5. Masuk angin
6. Haus berlebihan
7. Perut kembung
8. Membuat usus sempit
9. Gangguan pencernaan
10. Pencernaan lambat
11. Mengalami pusing
12. Otak membeku

Jadi, gak masalah kalau untuk ibu hamil mengkonsumsi air es dingin tanpa pemanis atau air es dingin tawar. Begitu pun dengan mengunyah es batu, gak apa-apa (cari pembenaran. Hehe). Asal jangan berlebihan, masih dibatas kewajaran. Tapi jika sudah mengalami batuk pilek, sebaiknya dihentikan. ;)
Tetapi ada juga dokter yang malah menyarankan ibu hamil mengkonsumsi es krim. Hal itu karena bayi dalam kandungan masih memiliki berat badan yang kurang. Dan usia kandungan sudah mendekati kelahiran (HPL).
Seperti saya, yang beberapa hari lagi menuju kelahiran bayi disarankan untuk sering mengkonsumsi es krim, agar berat badan bayi bertambah pada saat waktunya dilahirkan. Berat badan terakhir bayi dalam kandungan saya sekitar 2,8kg. Dokter menargetkan berat badan bayi sekitar 3kg pada saat lahir.
Jadi, ada benarnya juga kalau mengkonsumsi es itu bisa menyebabkan bayi besar, tapi es yang mengandung pemanis, seperti es krim. Tidak berlaku untuk es batu tanpa rasa atau tawar. Lagi-lagi, jangan sampai berlebihan. Kalau sudah mengalami efek yang membahayakan bagi ibu hamil, sebaiknya dihentikan mengkonsumsi keduanya

So, (buat saya) mari mengunyah es batu dan menikmati es krim demi berat badan debay. *kriuk,kriuk, nyam, nyam. :D


You Might Also Like

10 komentar

  1. Mirip mbaaaa... sejak masuk trimester tiga in saya suka banget minum es, bukan es batu si, tapi es krim stik yang murmer dan makannya dikunyah, bukan diemut... enak gimana gitu... hehehe... saya juga rendah Hbnya ni mbaaa... kayanya karena suka minum es teh jg berlebihan :( *bumil2 bandel ya kita, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mirip ya. Mungkin karena bumil bawaannya gerah terus kali ya,Mbak. :D

      Delete
  2. Saya mulai diultimatum utk ga sering minum es apalagi manis2 mbak, soalnya BB debay udah besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooh, berapa bulan kehamilannya? BB debaynya udah berapa?
      Sehat terus ya,mbak. ;)

      Delete
  3. Ya, selama ngga berlebihan bolehlah.

    Tapi kalau sudah berlebihan takut berbahaya juga baik ke si ibu dan janinnnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, Bang Kornelius. Memang segala sesuatu itu tidak boleh berlebihan ya. :)

      Delete
  4. bener buanget ini saya masuk bulan ke 9 pengenya ngunyah es batu terus , kriukkriuk !!

    ReplyDelete
  5. Sy pun begitu mba....ad kepuasan sendiri saat ngunyab es batu,kriuk"....kriuk"...endesss๐Ÿ˜„๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
  6. Hahahaha..ternyata banyak juga yg doyan makan es batu saya kira saya saja..yg penting debay dan bumil nya sehat semua ya..

    ReplyDelete

Flickr Images