Tres Leches Cake, Cake Bermandikan Susu

Sejak melahirkan anak ketiga, 5 bulan yang lalu, seolah-olah waktu saya jadi berubah. Yang biasanya banyak waktu untuk melakukan hal-ha...



Sejak melahirkan anak ketiga, 5 bulan yang lalu, seolah-olah waktu saya jadi berubah. Yang biasanya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang saya suka, begitu si bayi lahir, sontak harus bisa curi-curi waktu untuk melakukannya atau malah cenderung malas.😁
Bagaimana enggak malas, ketika menyusui bayi, kadang emaknya pun ikutan tertidur pulas. Mau bangun lagi kok ya berat banget rasanya. Hahaha.
Tapi seiring si bayi bertambah usianya, sedikit-sedikit waktu yang saya punya kembali normal. Yang tadinya sama sekali tidak masuk dapur, apalagi menyentuh perkakas dapur, kali ini sudah bisa dilakukan.
Berhubung yang namanya busui bawaannya laper terus dan selalu lihat seliweran postingan makanan enak di IG, busui jadi kabita. Awal-awal sih solusi kabitanya langsung pesan makanan yang disuka. Tapi pikir-pikir, kalau pesan terus bisa nambah pengeluaran. Belum lagi pengeluaran untuk pospak si bayi, untungnya aja bayinya mimik ASI, bukan sufor. Kalau sufor, bisa nambah pengeluaran lagi. *lah, kok jadi curcol? Hihihi.
Akhirnya solusi yang lebih tepat untuk menghemat adalah mencoba membuat sendiri.
___
Pernah dengar makanan Tres Leches Cake? Menurut cerita, Tres Leches Cake berasal dari Meksiko. Yang bisa disebut juga Milk bath. Kenapa disebut Tres Leches Cake? Karena cake ini terbuat  dari 3 macam susu. Susu kental manis, uht, dan evaporasi. Lalu kenapa juga ada yang menyebutnya Milk Bath? Karena ketiga susu tadi untuk disiram ke cake-nya. Jadi kesannya si cake-nya mandi susu gitu. Hehehe.

Ya, udah. Dari pada bingung mikirin namanya, saya kasih tahu aja cara buatnya. Cake ini rasanya bikin nyesel, nyesel kalau cuma makan sedikit. Xixixi. Bayangin aja, cake yang sudah enak disiram dengan susu, kemudian diberi whip cream diatasnya dengan taburan coklat bubuk atau kopi. *duh, gak usah merem melek sambil melet-melet gitu deh ngebayanginnya 😄
Mending langsung bikin aja yuk. Kalau menurut saya membuatnya gak terlalu ribet.
_____
Oh, iya. Untuk base cake-nya bebas aja ya. Kalau saya cakenya basil modifikasi brownies kukus, yang saya buat jadi rasa keju dan warnanya gak coklat. Jadi coklat bubuknya saya ganti dengan susu bubuk full cream dan coklat lelehnya saya ganti dengan cheese cream atau keju parut yang dilarutkan dengan sedikit susu uht.
Oke, lebih jelasnya, ini resepnya:


TRES LECHES CAKE/MILK BATH

BAHAN CAKE:

125gr terigu (terigu apa aja boleh, saya pakai segitiga biru)
3/4sdt baking powder
50gr susu putih bubuk (saya pakai susu Dan cow 2sachet)

225gr gula pasir (dikurangin jadi 200gr juga boleh)
5butir telur (ukuran sedang)
1/2sdt SP (pengembang, bentuknya kayak TBM)
1/2sdt vanilla bubuk (saya pakai  vanilla pasta, setetes aja)

100gr keju kraft (parut halus, larutkan dengan susu uht secukupnya, sampai menyerupai cream cheese)
175gr margarine, cairka

BAHAN SIRAMAN:
1/2 kaleng susu kental manis
250ml susu uhh
1kaleng susu evaporasi (saya pake susu F&N, kira2 250ml)

BAHAN TOPPING:
100gr whipped cream bubuk (saya pakai merk Haan)
200ml air es
1sdm susu kental manis

CARA MEMBUAT:
(Panaskan kukusan terlebih dahulu selama mengerjakan pembuatan cake dan siapkan loyang yang sudah diolesi margarin dan dialas kertas roti dan dialas margarin lagi atau menggunakan loyang kotak alumunium foil tanpa dioles apapun. Ukuran sesuaikan Deng an banyaknya adonan)

CAKE:
1. Ayak terigu, baking powder, dan susu bubuk. Kemudian sisihkan.
2. Kocok dengan mikser (kecepatan tinggi) gula, telur, SP, dan vanilla. Kocok hingga tercampur rata dan mengembang. ad on jangan terlalu kental.
3. Setelah adonan gula dkk rata dan mengembang, masukkan terigu dkk yang sudah diayak, ratakan dengan mikser kecepatan paling rendah. Jangan terlalu lama, asal tercampur rata saja.
3. Setelah itu masukkan keju yg sudah menyerupai cheese cream dan margarin. Aduk rata.
4. Masukkan ke dalam Loyang/cetakan, ratakan. Adonan jangan terlalu penuh dalam loyang, sisakan kira-kira 5cm di atasnya.
5. Kukus ke dalam kukusan yang sudah panas, kecilkan api ke suhu sedang.
6. Kukus kurang lebih 30menit.

SIRAMAN:
Campur rata ketiga jenis susu tersebut.

TOPPING:
Campur semua bahan topping

PELENGKAP:
Potongan Buah Kiwi dan Cherry

CARA PENYAJIAN:
Siram cake dengan bahan siraman sampai agak sedikit menggenang. Dinginkan terlebih dulu ke dalam kulkas selama 30menit. Setelah itu, beri bahan topping di atasnya. Kemudian taburi dengan bubuk coklat/susu coklat (Milo)/kopi instant.




*Noted: kalau ingin milk bath dengan rasa kopi, pada bahan siraman tambahkan secangkir kopi instan yang sudah diseduh, campurkan dengan 1/2 resep bahan siraman (3 jenis susu), kemudian siram ke atas cake ya.
_______

Selamat mencoba dan mencicipi Tres Leches Cake/Milk Bath 😉





You Might Also Like

4 komentar

  1. Daku nggak punya bayi, tetap nggak bisa masak :))
    Cuma jadi penikmat saja seperti saat berkunjung ke blog ini, ngiler sama cakenya, tapi mikir sejuta kali buat bikin sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, mbak Jul kan sibuk, mending beli aja, Mbak. 😁

      Delete
  2. Ooh, cheese creamnya masuk ke dalam adonan cake. Ok. Nuhun :*

    ReplyDelete

Flickr Images