Ayam Crispy Paprika Nanas So Good

Dua hari setelah Lebaran, saya merasa tidak enak di bagian punggung, leher hingga kepala bagian kanan. Seperti pegal-pegal dan tega...




Dua hari setelah Lebaran, saya merasa tidak enak di bagian punggung, leher hingga kepala bagian kanan. Seperti pegal-pegal dan tegang. Ketika saya keluhkan pada suami saya, dia bilang mungkin kolesterol tinggi. Duh, masa sih umur masih belia gini udah kena kolesterol tinggi. Hahaha. Tapi bisa jadi. Saat Lebaran kadang makan kita tidak terkontrol dan sajiannya pun kebanyakan serba daging.
Bosan juga sebenarnya dengan lauk yang itu-itu saja dari hari Lebaran hingga beberapa hari ke depan. Gulai, opor ayam, ayam goreng, sambal goreng hati, semur, dan rendang
Semua itu berulang-ulang hingga stok habis. Pokoknya semua lauk setelah lebaran itu penuh dengan  kehangatan. Semur dihangatkan, rendang dihangatkan, dan sisa lauk lainnya yang masih bisa dihangatkan. Hehe.
Kembali lagi pada punggung dan leher saya yang menegang. Sebelum terlambat, saya harus mencegah agar sakit yang saya rasakan tidak berlanjut. Bisa jadi ini adalah gejala kolesterol tinggi. Saya pun mencari tahu makanan apa saja untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Karena saya lebih suka buah dari pada sayuran, maka saya intip daftar buah apa saja yang baik untuk menurunkan kolesterol tinggi.

Berikut daftar buah yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh:
1. Jeruk nipis
2. Strawberry
3. Alpukat
4. Nanas
5. Anggur
6. Apel
7. Lemon
8. Zaitun
9. Jambu Biji
10. Blueberry
11. Mangga
12. Tomat

Wah, ternyata banyak juga, ya? Silakan pilih, deh, mana yang kamu suka😁
Dari semua daftar di atas, sebenarnya saya suka semua. Tapi untuk buah zaitun, saya belum pernah mencobanya.
Akhirnya saya memilih buah Nanas. Selain rasanya segar, Nanas bisa dicampur untuk olahan masakan juga.
Berhubung anak-anak saya lebih suka lauk yang berbau-bau ayam, mau gak mau ayam tetap jadi lauk pokok untuk di masak. Apa pun judul olahannya, bahan dasarnya tetap ayam. Hehe.


Ayam Potong So Good


Kebetulan, So Good punya produk ayam potong. Saya gak perlu susah payah ke pasar tradisional becek-becekan untuk membeli ayam. Apalagi setelah lebaran biasanya tukang ayam belum aktif berjualan. Ayam Potong So Good bisa didapatkan di supermarket terdekat. Kebetulan saya membelinya di Supermarket Borma Gunung Batu Bandung. Kemasan ayam potong So Good dikemas sangat baik, sehingga tidak merasa kotor saat memegangnya. Dan saat membersihkannya pun gak perlu susah payah. Karena darah yang menempel pada ayam sudah bersih. Pokoknya praktis untuk yang ingin mengolah ayam potong tapi gak mau pake ribet nyuci ayamnya berulang-ulang. Selain itu, ayamnya tidak disuntik hormon, bebas formalin, tanpa bahan pengawet, dan dipotong secara halal. Gak perlu ragu lagi kan?
Nah, untuk mengantisipasi keadaan saya yang tidak ingin kolesterol semakin tinggi tapi ingin tetap makan enak, maka saya olah ayam potong So Good menjadi Ayam Crispy Paprika Nanas. Sengaja saya lumuri tepung crispy karena itu yang disuka anak-anak. Biar happy semuanya, anak happy dan emak+bapak juga happy. 😁
Untuk cara membuatnya, saya langsung share di sini aja, ya.

Persiapan membuat Ayam Crispy Paprika Nanas


RESEP AYAM CRISPY PAPRIKA NANAS

Bahan A:
Ayam potong So Good kira-kira 4potong (paha dan Dada), potong kecil-kecil, lumuri garam dan merica. Diamkan beberapa menit.
Tepung crispy secukupnya 
Minyak goreng secukupnya

Bahan B:
Bawang putih 2-4siung, cincang halus
Bawang Bombay 1bh yang kecil
Paprika hijau 1/4 bagian
Paprika merah 1/4 bagian
Nanas secukupnya (1/4 bagian nanas)
Saus tomat 2-3sdm
Tepung maizena 1sdt, cairkan dengan sedikit air
Garam 1/2-1sdt, sesuaikan
Gula pasir 1sdt, sesuaikan
Merica 1/2sdt, sesuaikan
Kaldu bubuk  1/2 sdt (bila perlu)
Air 200ml

Cara membuat:
Bahan A:
1. Siapkan tepung crispy  dalam dua wadah. Wadah satu tepung crispy kering, wadah dua tepung crispy yang dicairkan dengan air secukupnya.
2. Lumuri Ayam Potong So Good yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam tepung crispy basah, kemudian lumuri dengan tepung kering. Lakukan hal yang sama dengan potongan ayam lainnya hingga habis.
3. Panaskan minyak goreng di atas api sedang.
4. Goreng ayam yang sudah dilumuri tepung dengan api kecil hingga kekuningan.
5. Angkat. Sisihkan.


Bahan B:
1. Tumis bawang putih hingga harum dengan api sedang (jangan sampe hitam bawang putihnya), lalu masukkan bawang bombay hingga layu. Masukkan paprika, tumis sebentar.
2. Tambahkan air, saus tomat, aduk rata. Tambahkan juga garam, gula, merica, kaldu bubuk. Aduk rata
3. Masukkan tepung maizna yang sudah dicairkan dengan sedikit air. Aduk-aduk sebentar hingga agak mengental.
4. Masukkan nanas. Aduk sebentar, matikan api.
5. Tata ayam yang sudah digoreng tadi di piring saji. Kemudian siram dengan saus paprika nanas di atasnya.
6. Ayam Crispy Paprika Nanas siap dihidangkan.

Bagaimana? Mudah kan? Penggunaan bahan dasar ayam potong So good semakin mengurangi keribetan dalam pengolahan masakan. He hehe. Cobain, deh! 😉

Ayam Crispy Paprika Nanas siap disantap


Selamat menikmati hidangan Ayam Crispy Paprika Nanas. 😊

Oh iya, tulisan saya ini diikut sertakan dalam lomba Kreasi masak Ramadan dan Idul Fitri oleh #BPNxSoGood, Blogger Perempuan Network dan So Good. Yang belum ikutan bisa cari tahu informasinya di sini. 

You Might Also Like

4 komentar

  1. Ini favorit banget di rumah. Saus asam manisny memang bikin selera makan naik ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seger-seger bikin pengen nambah terus. 😂

      Delete

Flickr Images