CHICKEN POTATO BAKE

Beberapa hari ke belakang cuaca di bulan November- Desember agak kurang bersahabat. Kadang hujan disertai angin kencang, reda sebentar,...



Beberapa hari ke belakang cuaca di bulan November- Desember agak kurang bersahabat. Kadang hujan disertai angin kencang, reda sebentar, kemudian hujan lagi tanpa henti semalaman.
Dan beberapa hari ini, hujan malah gak kunjung turun. Panas yang luar biasa, membuat badan kaget dengan perubahan ini, bikin meriang. Berbagai macam penyakit pun bermunculan. Kalau tubuh kurang fit, bisa-bisa penyakit gampang masuk. Apalagi pada anak-anak.

Sebagai mamak-mamak yang paling males kalau anak sudah sakit, kayaknya harus pasang tameng dari awal. Tapi kalau memang sudah takdirnya harus sakit, ya sakit aja sih. Syukuri aja.
Tapi gak ada salahnya sebagai emak melakukan sesuatu untuk mencegah agar anak tidak tumbang/sakit.

Kalau lihat anak sakit kayak gini, mana ada emak yang happy? πŸ˜‘
(pic by Google)


Untuk mengantisipasi semua itu, yang bisa saya lakukan adalah memberikan nutrisi yang baik untuk anak. Jangan banyak jajan dulu. Karena sesungguhnya makanan rumahan lebih sehat dari pada makanan jajanan (hmm, ini emak pikirannya lagi warasπŸ˜‚).

Kemarin-kemarin itu iseng ngintip resep yang ada di Pinterest. Mau mencoba resep yang gak ribet tapi enak.
Kemudian pilihan saya jatuh pada salah satu resep yang menurut saya cocok untuk cuaca yang sedang ekstrim. Saya memilih Chicken Potato Bake sebagai menu yang akan dicoba di dapur saya. Maka mulailah saya merenung, memahami, dan meraba-raba apa saja bahan-bahan yang saya perlukan.
Ah, ternyata gak sulit. Semua bahan mudah didapatkan di pasaran.

Chicken Potato Bake yang siap masuk oven


Yang mau coba juga, bisa dicatat resep di bawah ini:

CHICKEN POTATO BAKE

BAHAN: 
•4 kentang ukuran sedang (tidak perlu dikupas, bersihkan saja) potong kira-kira 3/4 inci kubus
•1 sdm bawang putih cincang
•1 dan ½ sendok makan minyak zaitun
•⅛ sendok teh garam
•⅛ sendok teh merica
•400gr ayam filet bagian paha, potong-potong kotak
•¾ cangkir keju mozzarella parut
•Peterseli cincang segar (opsional), saya pakai parsley yang keringan

CARA MEMBUAT:
-Panaskan oven sampai 220 derajat C (sesuaikan oven masing-masing).
-Tempatkan potongan kentang dalam mangkuk besar, tambahkan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan merica, dan aduk rata.
-Oleskan loyang (saya pakai Pyrex) dengan minyak zaitun
-Masukkan campuran kentang ke dalam loyang, taburi parsley/peterseli,  dan panggang sekitar 15 menit.
-Keluarkan loyang dari oven dan letakkan potongan ayam di loyang berisi kentang yang sudah dipanggang tadi, rendam sedikit ke dalam campuran kentang. 
Jika diinginkan, oleskan bagian atas masing-masing potongan ayam dengan sedikit minyak zaitun dan bumbui dengan garam dan merica.
-Panggang 20-25 menit, sampai ayam matang dan kentang kecokelatan.
-Taburi keju mozzarella di atas, masukkan kembali ke oven dan panggang beberapa menit lagi untuk mencairkan keju.
-Saat disajikan, taburi peterseli cincang di atas (jika diinginkan).

Chicken Potato Bake yang sudah matang

Chicken Potato Bake siap disantap πŸ˜‹


Gak ribet kan, ya? Tapi kalau gak mau ribet lagi, bisa langsung pesan aja ke resto yang menjual menu seperti ini. πŸ˜‚

Ngomong-ngomong, menu ini cocok untuk mamak-mamak yang lagi diet gak mau makan nasi, loh. Selain untuk anak, sehat juga kan buat emaknya? πŸ˜‰



You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images