Kampanye Rokok Harus Mahal

        Saya mengibas-ibaskan telapak tangan, saat hembusan asap itu keluar dari mulut seseorang yang tak jauh dari saya dan menguar ke man...

        Saya mengibas-ibaskan telapak tangan, saat hembusan asap itu keluar dari mulut seseorang yang tak jauh dari saya dan menguar ke mana-mana.
Sengaja saya melakukannya agar orang itu merasa kalau asapnya mengganggu.
        Gemeeees banget kalau lihat orang yang cuek hembusin asap rokok seenaknya. Mau ditegur, nanti dia yang lebih marah. Bingung.
Lalu bagaimana sih solusinya agar mereka tidak lagi mengonsumsi rokok? Apa mereka yang merokok tidak menyadari bahaya dibalik puntung yang mereka hisap?

        Para pakar kesehatan telah menetapkan adanya ribuan racun berbahaya di dalam rokok. Dan Islam telah mengharamkan sesuatu yang merusak kesehatan. Hobi merokok merupakan tindakan tabdzir (pemborosan) dan penyia-nyiaan terhadap harta. Mereka tidak mendapatkan apa-apa dari rokok kecuali ketenangan sesaat, bahaya penyakit yang mengancam jiwa, dan terbuangnya uang secara sia-sia. Sayang negara tidak merujuk pada fakta dan aturan di atas, bukan hanya melegalkan rokok tetapi menjualnya dengan murah sehingga dengan mudah mengadiksi masyarakat.

        Beberapa waktu lalu, di stasiun Kantor Berita Radio (KBR), program radio ruang publik KBR, membahas tema  Perempuan, Puasa, dan Rokok Harus Mahal. Dengan narasumber,
-Mbak Krisna Puji Rahmayanti - Dosen UI sekaligus wakil dari Komnas PT.
-Ibu Tresia Mahaputri Nusantari Maghfirah, MARS, MPM (yang biasa dipanggil dengan sebutan dr. Fifi) - Koordinator Divisi Pelayanan Majelis Kesehatan Pimpinan Pusat Aisyiyah

Photo by Instagram KBR


        Perbincangan tersebut berisi tanya jawab tentang bahayanya merokok menurut kesehatan, agama, dan ekonomi.
Saya akan menuliskannya satu persatu menurut pandangan dari setiap segi.

Mbak Krisna dan dr. Fifi
Photo by Instagram KBR


KESEHATAN
Kita semua tahu bahwa dalam rokok itu terkandung nikotin. Apa pun bentuk rokoknya, misal rokok putih, kretek, filter, atau elektrik mengandung lebih dari 7000 zat racun baik dalam bentuk gas maupun partikel. Jadi mau dibilang itu low tar, light, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, akumulasi racun di tubuh gak bisa dinetralisir. Itulah yang membuat karsinogenic, membuat dampak buruk bagi kesehatan.
Jadi, apapun jenis rokoknya dampaknya pasti ada. Dan jika berbicara tentang kesehatan dampaknya juga akan merugi dengan masalah keuangan untuk biaya pengobatan efek dari penyakit yang diderita akibat mengonsumsi rokok.

AGAMA
Berbuat bahaya dan membahayakan orang lain itu hukumnya haram. Lalu apa hubungannya dengan rokok? Apakah rokok termasuk membahayakan orang lain? Jadi, apakah rokok itu haram?
Dari segi kesehatan tadi sudah dijelaskan bahwa rokok tidak baik untuk tubuh orang yang mengonsumsinya. Begitu juga untuk orang lain yang ada di sekitarnya yang ikut menghirup asap rokok tersebut.
Bahkan dr. Fifi menyebutkan salah satu hadis yang menguatkan hal itu.
Hadis dari Ibnu Abas, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Tidak boleh melakukan atau menggunakan sesuatu yang berbahaya atau membahayakan."
Kemudian ada juga ayat AlQuran yang menguatkan hal itu, Al Baqarah ayat 195, "Janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan."
Jadi menurut pandangan dan saran para ahli, bahkan dari WHO sudah menghimbau bahwa merokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.
Sudah jelas, ya, dari segi agama (khususnya Islam) pun sudah menyatakan kalau rokok itu haram.

Al Baqarah ayat 195, "Janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan."

EKONOMI
Lalu kenapa orang-orang masih banyak yang mengkonsumsi rokok padahal kebanyakan dari mereka sudah tahu bahaya merokok untuk kesehatan dan hukumnya dalam agama?
Coba kita lihat, siapa saja kah yang lebih banyak mengonsumsi rokok? Laki-laki dewasa, supir angkutan umum, pedagang kaki lima, bahkan anak sekolah. Kalau dari segi ekonomi, yang mengonsumsi rokok adalah orang-orang menengah ke bawah.
Itu disebabkan karena rokok mudah di dapat dan harganya pun terjangkau. Padahal sudah jelas kalau merokok itu merupakan pemborosan,
Ibu Krisna mengatakan salah satu hal yang menjadi faktor mengapa prevelansi rokok di Indonesia itu sangat tinggi adalah harga rokok yang terjangkau atau murah.
Penyebab rokok murah di Indonesia adalah karena cukai kita masih rendah. Kalau kita lihat di negara lain misalnya, cukai mereka sangat tinggi, sehingga harga jual untuk rokok bisa jadi salah satu instrumen untuk pengendalian masyarakat dalam mengonsumsi rokok.

Photo by google


        Setelah melihat efek merokok  dari segi Kesehatan, sepertinya mereka yang sudah terlanjur ketagihan merokok sulit untuk melepasnya, padahal sudah dibeberkan resiko kesehatan tubuh akibat dari merokok.
Begitu pun dari segi agama. Mereka akan mengelak kalau merokok itu bukan haram, tapi mubah. Bahkan mereka merujuk pada ulama-ulama yang masih mengonsumsi rokok.
Lalu dari segi ekonomi, jelas saat ini mereka masih merasa mampu untuk membelinya. Dikarenakan harganya yang terjangkau.
        Dan solusi yang diambil untuk meminimalisasi masyarakat mengonsumsi rokok adalah dengan jalan #RokokHarusMahal dan menyepakati penetapan harga #rokok50ribu
Dengan memanfaatkan moment bulan puasa, KBR mengajak para perempuan untuk mengampanyekan  harga #RokokHarusMahal
Mengapa harus perempuan dan saat bulan puasa? Karena momentum di bulan puasa ini dianggap pas untuk mengurangi konsumsi rokok dengan cara konsensus damai. Dan perempuan memiliki porsi yang sangat tinggi perannya dalam menentukan keputusan di rumah terutama dalam hal konsumsi rumah tangga, sehingga konsumsi rumah tangga tidak sebagian besar untuk rokok.
        Selain perempuan/ibu-ibu, bapak-bapak dan anak-anak juga bisa ikut andil dalam konsensus damai tersebut. Dengan cara ikut petisi onlinenya, kemudian share penyetujuanmu kalau #RokokHarusMahal di instagram dan facebook, jangan lupa mention kbr.id dengan hesteg #rokokharusmahal dan #rokok50ribu
Dan bagi yang ingin mengikuti lomba blog-nya bisa dilihat di sini

Add caption


Yuk, kita kampanyekan #RokokHarusMahal bersama-sama agar pemerintah menanggapi hal tersebut dan merealisasikannya, sehingga Indonesia bisa meminimalisir asap rokok di rumah dan lingkungan umum lainnya. 😊πŸ’ͺ


You Might Also Like

24 komentar

  1. saya setuju kalau rokok harus mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, biar Indonesia lebih sehat ya, Tian. 😊

      Delete
  2. Setuju banget sama campaign ini. Kalo rokok mahal akan berpikir dua kali bagi perokok untuk beli rokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, Zia. Kalau mereka masih memaksakan untuk beli, hmm...kayaknya harus tambah naik lagi harganya. 😁

      Delete
  3. Dukung kampanyenya, teh, biar perokok pasif bebas dari asap rokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh Rani. Yang gak merokok malah jadi kena dampaknya. πŸ˜‘

      Delete
  4. Akuu mendukung bangeetkalo Rokok Harus Mahal, klo bisa 100 rb, biar buibu mikir beki rokok apa beli beras yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya beli beras dan lauk pauk yang lebih bergizi dong, Mak Nchie ☺

      Delete
  5. gemeeess aslinya kalo liat orang lain masih ngeroko, gak sadar gitu ya kalo orang2 di sekitarnya bakalan kena dampak bahaya rokok. Setuju banget Teh, kalo rokok emang harus mahal, selain bisa mengurangi jumlah perokok, pendapatan cukai juga bisa nambah dan hasilnya bisa dipake buat keperluan rakyat juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak Firda. Gemeees banget aku. 😁

      Delete
  6. semoga terealisasi harga rokok jadi mahal teh hehehe

    ReplyDelete
  7. Mudah2an program #rokokharusmahal ini segera terwujud ya..kalo negara tetangga bisa..kita juga harusnya bisa

    ReplyDelete
  8. Semoga beneran sukses ya kampanyenya. Biar rokok dan asap rokok gak menuhin lingkungan kita. Gemeees deh sama asap rokok.

    ReplyDelete
  9. Aamiin, Teh Nia. Iya, aku pun gemes. πŸ˜‘

    ReplyDelete
  10. Semoga beneran rokok harganya makin mahal. Biar berinbas kepada para perokok aktif sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh Risky. Setuju banger #RokokHarusMahal kalau bisa mahal maksimal😁

      Delete
  11. Aku dukung banget ini rokok jadi mahal. 100rb aja kalo bisa hahaha

    ReplyDelete
  12. Setuju lah hrs mahal..lbh setuju kalau jadi barang terlarang hahaha... "keselbangetsamarokok

    ReplyDelete
  13. Aku juga suka kesel pisan Teh sama yang suka ngerokok di tempat umum :((

    Dulu Abah ngerokok walopun gak pernah di rumah, tapi untunglah sekarang mah udah berhenti :))

    ReplyDelete
  14. Pengen segera terealisasi rokok mahal... Biar pada mikir berkali-kali sblm buang2 uang buat beli rokok

    ReplyDelete

Flickr Images