SGM Bunda, Langkah Awal Dukung Generasi Maju

Assalamualaikum, Berbicara tentang kehamilan, sepertinya itu adalah sesuatu yang amazing buat Bunda atau calon Bunda. Berapa kali pun Bun...

Assalamualaikum,

Berbicara tentang kehamilan, sepertinya itu adalah sesuatu yang amazing buat Bunda atau calon Bunda. Berapa kali pun Bunda mengalaminya, selalu memiliki moment yang istimewa. karena setiap kehamilan itu berbeda-beda pembawaannya.
Nah, saat ini, apakah ada yang sedang menjalani kehamilan? Atau ingin merencanakan kehamilan?
Wah, tepat banget, nih, kalau Bunda sedang mengalami apa yang saya tanyakan barusan.
Karena saya akan memberikan informasi seputar kehamilan.
Tapi kenapa tiba-tiba saya mau berbaik hati ngasih info kehamilan? Itu karena di hari Minggu kemarin, tepatnya tanggal 28 Juli 2019, saya berkesempatan hadir ke acara Festival Bunda Generasi Maju dari SGM Bunda.
Dan kali ini saya mau cerita sedikit (eh, banyak,sih 😁) tentang kegiatan pada hari itu dan informasi yang bermanfaat tentang kehamilan. Sayang banget kan kalau gak saya bagi-bagi. Apalagi disertai acara yang seru dan gak bosenin. Bayangin aja, dari pukul 08.00-13.00 semua peserta masih semangat untuk mengikuti tiap sesi acaranya. Kebayang, kan? 😉

Oke, saya mulai aja ya cerita dari Festival Bunda Generasi Maju, SGM Bunda.

Gapura masuk Booth SGM Bunda


REGRISTRASI
Sekitar pukul delapan lebih beberapa menit, saya sampai di lokasi, Taman Tegallega , Bandung. Wuiih, ramenya bukan main. Begitu saya memasuki gerbang lokasi tersebut, banyak penjual kaki lima di sepanjang jalan menuju ke lapangannnya. Maklum aja, saat itu hari Minggu, sepertinya pasar kaget tumpah ruah di sana.
Setelah menyusuri keramaian dengan susah payah, akhirnya saya menemukan booth SGM Bunda. Ternyata sudah banyak peserta (aslinya sih bunda-bunda)yang datang ke acara tersebut dengan menggunakan dresscode merah. Wah, makin semangat aja lihatnya.
Sesampainya di booth SGM Bunda, saya harus registrasi terlebih dahulu kemudian diberi goodie bag dan passport untuk ditukarkan dengan AREA BUNDA yang tersedia.

Passport untuk distamp saat mengunjungi setiap AREA BUNDA yang tersedia


Yang mana setiap areanya memberikan kegiatan edukatif dan menyenangkan, seperti;

  • Area Bunda Sehat: Konsultasi kehamilan dan USG dengan tenaga kesehatan
  • Area Bunda Santai: Relaksasi berupa totok wajah dan massage, didukung tenaga professional dari Mom & Jo
  • Area Bunda Cerdas: Games edukatif berhadiah Mitos vs Fakta seputar kehamilan 
  • Area Bunda Jajan: Jajanan lezat untuk ibu hamil
AREA BUNDA


Saat mata saya melihat sekeliling booth, ternyata banyak sudut yang instagramable, bahkan gapura selamat datangnya pun bisa dijadikan tempat berfoto. Hehehe, gak asyik kayaknya kalau gak saya manfaatkan untuk foto-foto  terlebih dahulu. *cekrek*


Numpang gaya di salah satu tempat yang Instagramable😁



TALK SHOW
Acara pertama didahului dengan Talk Show yang dibuka oleh host dari SGM Bunda. Lalu semua peserta diberikan penjelasan tentang Kehamilan Yang Sehat sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju oleh Dokter Kandungan dr. Ridwan Abdullah Putra, SPOG(K-FM),CH. Banyak yang beliau jelaskan mengenai apa saja yang harus dilakukan ibu hamil demi menjaga kesehatan janinnya.

dr. Ridwan Abdullah Putra SpOG(K-FM)CH

Host dari SGM Bunda



Beliau mengatakan bahwa masih banyak ibu hamil yang menyepelekan kehamilannya dengan tidak memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sehingga terjadi kehamilan dan kelahiran yang tidak diinginkan. Beliau mengatakan:

  1. Status gizi bunda selama kehamilan berperan penting bagi pertumbuhan janin yang sedang dikandung, karena masa kehamilan merupakan periode awal dari 1000 Hari Pertama Kehidupan yang penting dan akan menentukan kualitas kesehatan si kecil di masa depan. 
  2. Pada masa kehamilan, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat. Kebutuhan nutrisi tersebut mencakup nutrisi makro dan nutrisi mikro. Yang merupakan nutrisi makro yang dibutuhkan ibu hamil adalah karbohidrat, protein, dan lemak. sedangkan nutrisi mikro yang dibutuhkan ibu hamil adalah zat besi, asam folat, kalsium, dan vitamin D.
  3. Faktanya, 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan nutrisi mikro, seperti; Zat Besi dan Asam Folat. Kondisi kekurangan nutrisi mikro berdampak buruk bagi Bunda dan janin.
  4. Beberapa dampak anemia pada bunda hamil dan janin yang dikandung:
        • Bayi lahir prematur
        • Berat badan bayi lahir rendah
        • Kematian bayi dalam kandungan                                               
Makanan hariani hamil belum tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Untuk itu susu formula memiliki peran yang penting juga bagi ibu hamil, diantaranya:

    • Membantu mencukupi asupan nutrisi makro atau mikro, khususnya formula yang tinggi kandungan zat besi dan tinggi asam folat
    • Melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat
    • Gizi ibu optimal, sehingga dapat mendukung anak generasi maju untuk capai potensi prestasi. berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang mandiri, supel, percaya diri. 
Selain nutrisi sebagai fondasi Langkah Awal, fisik yang siap juga dibutuhkan, antara lain dengan melakukan olahraga agar tubuh Bunda hamil menjadi santai dan bugar. Dan yang peling penting, Bunda hamil juga harus minum banyak cairan terutama air putih untuk meghindari dehidrasi.

Demikianlah penjelasan dan pemaparan fakta oleh dr. Ridwan tentang apa yang terjadi pada ibu hamil di Indonesia.

Mbak Riris, bagian marketing SGM Bunda



Setelah itu, dari marketing SGM Bunda, Mbak Riris, mengatakan bahwa untuk mengatasi keadaan tersebut, maka sejak tahun 2012, SGM Bunda mendukung pemenuhan nutrisi Bunda di masa hamil dan menyusui. SGM Bunda yang memiliki Complinutri dengan Tinggi Zat Besi, Asam Folat, Kalsium, Vitamin D, dan Minyak Ikan sangat baik untuk medukung kesehatan Bunda dan perkembangan optimal janin. Demi mencapai nutrisi lengkap bagi Bunda dan calon Anak Generasi Maju. 
Masih dengan penjelasan dari Mbak Riris, selain itu, SGM Bunda melalui kampanye #LangkahAwal DukungGenerasiMaju , menghadirkan edukasi seputar masa kehamilan dan menyusui secara offline dan online melalui platform social media, yaitu Facebook SGM Bunda dan Instagram @sgmbunda yang berisi edukasi dan tips tentang kehamilan, live chat dengan dokter kandungan dan ahli nutrisi, serta berbagai aktifitas menarik lainnya.
Banyak banget kan program yang diluncurkan SGM Bunda? Makanya, buat Bunda-bunda, Like Facebook SGM Bunda dan follow Instagram @sgmbunda
Eh, bukan buat Bunda-bundanya aja, sih. Buat Ayah-ayahnya juga perlu untuk mengetahui tentang nutrisi kehamilan.
Dan di acara #FestivalBundaGenerasiMaju kemarin banyak para ayah yang hadir menemani para bundanya. Uuuh, So Sweet. 🤗

Oh, ya,setelah Talkshow selesai, adasesi Tanya jawab. Bagi yang bertanya dan bisa menjawab pertanyaan akan diberi hadiah. Asyik, kan🤩

AKTIFITAS FESTIVAL BUNDA GENERASI MAJU
Acara Festival Bunda Generasi Maju bukan sekali ini aja diadakan di Kota Bandung. Sebelumnya SGM Bunda sudah mengadakan acara yang serupa di kota-kota besar di Indonesia, seperti: Jakarta, Surabaya, Dan Jogjakarta. Dan semuanya sukses dimerahkan oleh peserta yang datang.
Kesuksesan acara ini tidak terlepas dari SGM Bunda yang menghadirkan "Festival Bunda Generasi Maju" dengan serangkaian aktivitas, seperti: Edukasi Nutrisi, Prenatal Couple Yoga, Cooking Demo aneka  kuliner lezat dan bernutrisi, Konsultasi USG, serta aktifitas relaksasi seperti totok wajah dan massage.

Untuk Demo Class, diawali denga Demo Prenatal Couple Yoga yang diinstruksikan oleh Ika Fitriyanti. Dan setiap gerkannya diikuti oleh Bunda Hamil dan pasangan (Ayah). Para Bunda terlihat antusias mengikuti setiap gerakannya. Sepertinya setiap gerakan itu memberikan efek yang rileks di badan. Mengingat saat kehamilan, badan Bunda sering merasa pegal akibat beban yang semakin bertambah pada tubuh.

Prenatal Couple Yoga

Yang tidak membawa pasangan, boleh berpasangan  dengan sesama bunda hamil 😁


Kemudian acara dilanjut dengan Cooking Demo dengan menampilkan Cheff Ricky Sulaiman yang mendemokan resep minuman segar aneka buah dengan campuran susu SGM Bunda.
Terbayang sama saya susu ibu hamil dicampur dengan buah, bakalan enak gak, ya? Mengingat yang namanya susu hamil itu kan biasanya rasanya bikin enek.
Eh, tapi, ternyata gak, loh. Bahkan ketika saya mencicipi segelas susu SGM Bunda rasa Coklat, rasanya enak banget. Kayak bukan minum susu hamil. Hehehe. Iya, soalnya waktu saya hamil, males banget yang namanya minum susu. Apalagi dalam keadaan mual, duh gak deh.
Tapi kalau susu SGM Bunda, saya yakin bunda-bunda yang hamil akan menyukainya. Apalagi ada varian rasa Jeruk, Coklat, dan Strawberry. Tinggal pilih saja mana yang Bunda suka.

Cheff Ricky Sulaiman 

Cheff Ricky sedang beraksi

Hasil buatan Cheff Ricky yang enak dan bernutrisi dengan campuran susu SGM Bunda rasa coklat


Selain Prenatal Couple Yoga dan Cooking Demo, di penghujung acara Festival Bunda Generasi Maju hari itu juga ada Demo Beauty Class dari salah satu brand ternama, Wardah. Acara itu memberikan tips bagaimana step-step perawatan wajah yang benar dan make over wajah. Jadi, untuk Bunda hamil jangan pernah malas untuk merawat kulit wajah dan mempercantik  diri, agar tetap terlihat segar di saat kehamilannya, begitu kata Mbak Cindy dan Mbak Yuli, perwakilan dari Wardah.

Beauty Class by Wardah


Make over 

Oh, ya selain itu saat acara berlangsung ada lomba posting foto di IG Feed. Dan  akan dipilih dua pemenang  dengan foto terbaik menurut versi juri SGM Bunda.

Dua  pemenang post di IG Feed


Gimana, Bunda? Seru kan rangkaian acara Festival Generasi Maju dari SGM Bunda? Makanya,  ikutan ya kalau Festival Generasi Maju hadir di kotamu. Sampai jumpa di acara SGM Bunda berikutnya 😉




You Might Also Like

5 komentar

  1. Wah memang nih ya Mbak kalau nutrisi Bunda itu juga harus terpenuhi juga

    ReplyDelete
  2. Memang meskipun sedang hamil itu juga harus memperhatikan wajah ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Wah seru banget nih Mbak acaranya. Ada berbagai macam area juga yang bisa digunakan oleh para Bunda

    ReplyDelete
  4. Suka banget nih Mbak kalau ada kegiatan memasakannya gitu hehe. Menyenangkan sekali nih hihi

    ReplyDelete
  5. Wah banyak juga nih ya Mbak yang ikutan acaranya itu. Seru banget juga

    ReplyDelete

Flickr Images