Arisan Ilmu KEB Bersama Sisternet XL di Hotel Crowne Plaza Bandung

Assalamualaikum, Sebelum mengulas tentang acara Arisan Ilmu bareng KEB kemarin itu, saya mau nanya, dong. Seberapa besar, sih, kebera...



Assalamualaikum,

Sebelum mengulas tentang acara Arisan Ilmu bareng KEB kemarin itu, saya mau nanya, dong. Seberapa besar, sih, keberadaan Sosial Media saat ini buat kamu?
Hmm, tahu kan sekarang ini sebagian besar orang  di dunia gak bisa lepas dari dunia per-sosmed-an. Kalau saya, jujur aja, sejak awal bergabung dengan salah satu sosmed di tahun 2009, hidup saya sedikit ada perubahan. Baik perubahan diri menjadi lebih baik dan tidak baik. Menjadi lebih baik dalam arti bisa kembali menjalin silaturahim dengan teman-teman yang tadinya entah berada di mana. Begitu bergabung di sosmed, salah satunya Facebook, semua bisa terjalin kembali. Jadi tahu kabar si anu bagaimana, kabar si una bagaimana, dan kabar si mantan bagaimana. #eh Hehehe.
Tapi ada juga sisi buruk sejak bergabung di sosmed. Salah satunya, waktu banyak tersita hanya untuk mantengin medsos. Bener apa bener? Etapi, itu tergantung masing-masing orangnya, sih. Masa iya selama 24 jam mata melototin medsos aja. Hihihi

Dulu yang awal-awal muncul dan rame adalah Facebook. Tapi sekarang banyak pilihan sosmed, mana yang merasa nyaman buat kita aktif di sana. Ada Instagram, Twitter, Linkedln, Tumblr, Pinterest, dll. mungkin masih banyak lagi. Tapi cuma sebagian itu saja yang populer. Dan untuk saat ini yang paling banyak digunakan orang adalah Facebook, Twitter, Youtube, dan Instagram. Untuk Facebook, mungkin karena penggunaannya lebih mudah, jadi masih menduduki tingkat teratas yang paling banyak digunakan di dunia. Peringkat kedua Twitter, yang masih ramai dikunjungi pengguna sosmed di dunia. dan yang ketiga adalah Instagram.
Saat ini mungkin Instagram yang lebih populer, meski penggunanya masih lebih banyak Facebook. Saya sendiri sekarang ini lebih aktif menggunakan Instagram sebagai ajang "pamer". Hehehe. Karena instagram lebih mengedepankan gambar/foto. Lebih asyik lagi kalau gambar yang kita posting memiliki kualitas yang bagus, jadi memuaskan untuk yang melihatnya.

Dari instagram, yang sekedar hanya membagikan gambar/foto saja, kini para pengguna sosial media seperti tidak pernah puas. Mereka berbondong-bondong ingin "memamerkan" kehidupannya secara visual dengan memosting gambar gerak atau video. Maka mulai diliriklah sosial media Youtube dan banyak yang mendadak menjadi youtuber atau biasa juga disebut dengan vlogger. Apalagi dari youtube bisa menghasilkan pundi-pundi dari apa yang kita posting jika banyak pengikutnya. Jika serius dan banyak subscriber, maka pundi-pundi akan masuk ke rekening kita.
Hmm, ada yang tertarik menjadi Youtuber/Vlogger?
Tapi untuk menjadikan youtube/vlog kita menghasilkan pundi-pundi, kita perlu tahu tips atau trik membuat video yang baik. Ya, iya lah, pendapatan itu kan berbanding lurus dengan seberapa maksimal usaha yang sudah kita lakukan. kalau cuma asal-asalan, jangan harap akan menghasilkan pendapatan yang besar.



ARISAN ILMU KEB
Kebetulan, Minggu yang lalu (tepatnya tanggal 18 Agustus 2019), KEB mengadakan Arisan Ilmu  yang diadakan Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB) bertemakan Optimasi Sosial Media dengan Vlog dengan pemateri Yashinta selaku blogger yang mulai menekuni dunia vlog. Dan kini Yashinta sudah menjadikan vlog sebagai pekerjaannya dengan membuatkan video untuk para kliennya. Selain itu juga Yashinta bersama suaminya  sedang membangun channel youtube Keponih yang sekarang subscriber-nya sudah mencapai 14,3K. Wuiiih, mantep, ya.
Saat ini, profesi apa pun, jika ingin bertahan, memang harus membuat inovasi dan tantangan. Dulu profesi sebagai Blogger bisa dihitung dengan jari, tapi sekarang blogger sudah menjamur di mana-mana. Meski yang professional masih terhitung jari, tapi setidaknya saat ini banyak produsen yang lebih memilih blogger untuk mengiklankan produknya. Untuk itu sebagai blogger yang masih ingin "terpakai" harus memiliki tantangan berupa paket lengkap. Penulis iya, editor iya, reviewer iya, fotografer iya, stylist iya, graphic designer iya, dan videografer  juga iya. Fiuuuh, harus multitasking, dong, ya.
Gak ada salahnya sih kalau seorang blogger memiliki paket lengkap seperti itu. Toh, gak ada ruginya kan? Jadi tambah pengetahuan buat si blogger. Apalagi sosial media juga kian berkembang dari tulisan menjadi gambar lalu menjadi gambar bergerak (video) dan tak disangka peminat video kian bertambah setiap harinya karena konten video dianggap mampu menyampaikan pesan dengan cepat. Begitulah apa yang disampaikan Yashinta menurut pengalamannya selama ini.






Yashinta juga mengatakan bahwa optimasi sosial media dengan vlog sangat mungkin dan relevan untuk dilakukan oleh blogger dan pelaku digital lainnya. Vlog merupakan video blog, bisa menjadi perpanjangan tangan dari konten blog yang sudah ditulis, jika biasanya membagikan tautan berupa link, nyatanya membagikan konten dengan model vlog dianggap lebih menarik dan diminati.

Adapun tujuan dari pembuatan video pada konten media sosial adalah:
  • Pelengkap artikel/tulisan blog
  • Promosi produk/jasa
  • Konten independent yang berdiri sendiri
  • Dekorasi/Estetika
Selain harus punya niat jika ingin terjun ke dunia vlog, yang perlu disiapkan adalah peralatan pendukungnya. Menurut Yashinta untuk menghasilkan video yang bagus, harus memiliki peralatan pendukung yang harus dimiliki vlogger sehingga video yang dihasilkan gak asal.
Suka kesel kan ya kalau kita lihat video di youtube tapi kualitas gambar atau suaranya gak jelas, rebek gitu (halaah, apa itu rebek?) hihihi. Pecah gitu maksudnya. Kalau kualitas suara dan gambar gak bagus, boro-boro mau subscribe, nontonnya aja males. iya gak, sih? Nah makanya dikasih saran oleh Yashinta, apa aja alat pendukungnya.

Ala-alat pendukungnya adalah:

  1. Smartphone/DSLR/Mirrorless. Jika kita tidak memiliki kamera DSLR/Mirrorless, kita bisa gamemanfaatkan kamera Handphone. Memang sih kualitasnya tidak sebagus kamrea DSLR/Mirrorless, tapi setidaknya masih bisa dimanfaatkan. 
  2. Audio. Untuk menghasilkan suara yang bagus dan jernih, diperlukan audio. Audio semacam mic kecil atau clip on/lavalier. Yang ditempelkan pada kerah baju. 
  3. Lighting. Pencahayaan sangat diperlukan. Gak mau kan ya kalau kita nonton video, suaranya ada, tapi gambarnya gak jelas gelap. Jika tidak ada cahaya alami, maka bisa menggunakan cahaya buatan, seperti menggunakan lampu kecil yang dihubungkan dengan powerbank atau bisa juga menggunakan lampu belajar.
  4. Stand. Alat ini membantu agar kita tidak repot memegang kamera. Bisa menggunakan tongsis atau tripod
  5. Background.  Untuk melakukan rekaman secara indoor, background juga penting supaya penampakan belakangnya bagus. Atau pilih warna hijau jika ingin diedit. 



Selain itu, konten yang ingin kita sampaikan juga harus jelas. Boleh saja videonya berupa potongan rekaman dengan waktu yang berbeda, asalkan pada saat pengeditannya pas dan menarik untuk ditonton. Clip-clip video harus nyambung satu sama lain.
Istilah dari penggabungan clip-clip video itu disebut Footage, yaitu clip rekaman individu yang belum di gabung melalui proses editing.
Misal pada perekaman suatu video tutorial makeup, dilakukan 3x record. Artinya akan ada 3 footage mentah (3 file).

Secara sederhana footage dibagi 2:

  1. Main Footage, berisi informasi utama video seperti cara menggunakan makeup ke wajah. Sifatnya wajib serta biasanya berdurasi panjang 
  2. B-Roll atau disebut juga Insert, merupakan video tambahan yang bertujuan mempercantik video. Misal: Video close up saat tutup wadah makeup dibuka, video close up saat menyapukan kuas, video menampilkan kondisi lingkungan di sekitar objek atau detail lainnya. Sifatnya optional tapi jika ada bisa menjadikan video menjadi lebih keren dan cinematic. Biasanya durasi pendek-pendek tapi banyak.


Untuk main footage, usahakan mengambil dengan pencahayaan yang cukup, serta tanpa menggunakan efek aneh-aneh, dan senatural mungkin

Untuk insert atau b-roll, di sini kita lebih bisa memainkan kreatifitas dengan pengambilan sudut yang tidak biasa, penggunaan fitur ekstra yang disediakan kamera atau smartphone (Misal: slow motion, timelapse). 

Tips: Untuk penambahan efek-efek seperti efek warna, transisi, text, emoji, dll akan jauh lebih baik dilakukan saat proses editing dibanding saat perekaman kecuali beberapa efek khusus seperti slow motion, timelapse. Pada saat editing kita masih bisa melakukan perubahan-perubahan efek warna, akan tetapi jika pada saat perekaman kita menggunakan efek tertentu hasilnya akan permanen tersimpan di footage tersebut.

Jadi intinya, kunci kualitas video yang baik adalah pencahayaan yang baik dan kualitas audio yang baik. Untuk pencahayaan baik, bisa menggunakan  pencahayaan secara alami maupun buatan. 


Selain Yashinta sebagai pembicara materi hari itu, ada juga Mbak Adel dan kawannya dari Sisternet XL Axiata. XL Axiata  juga memperkenalkan kartu paling pas untuk bisnis. Yang mana dengan menggunakan kartu khusus bisnis ini dapat komunikasi bisnis tanpa batas.




Sebelumnya, Mira Sahid, selaku Mak Founder KEB, memberikan sedikit sambutan tentang acara Arisan Ilmu yang ketujuh di Bandung. Dan sebagai host dari acara Arisan Ilmu dibawakan oleh Mbak Alaika Abdullah.





HOTEL CROWNE PLAZA BANDUNG
Arisan Ilmu ini sudah berjalan rutin beberapa tahun yang lalu. Dan kali ini adalah Arisan Ilmu yang ketujuh yang diadakan di Bandung, tepatnya di Crowne Plaza Hotel Bintang 5 di pusat Kota Bandung, Jl. Lembong no. 19.



Tempatnya recommend banget untuk acara seperti ini. Letaknya di lantai 5, bersebelahan dengan kolam renang hotel. Waktu acara berlangsung cuaca cukup terik, dan saya lirik-lirik kolam renang. Duh, jadi pengen nyebur kan. 😁



Biasanya arisan gak jauh dari kumpul-kumpul, terus makan. Begitu pun Arisan Ilmu yang diadakan KEB. Kumpul-kumpulnya seru, Ilmunya dapet, makanannya juga ada, dong.
Serius, waktu acara kemaren itu semua peserta Arisan Ilmu disuguhi makanan dengan porsi yang cukup banyak. Duh masih kebayang itu Bebek Panggang yang menggantung terlihat  pandangan mata dari  tempat saya duduk. Kan Kan jadi gak konsen ini. Belum lagi coffee breaknya. Penuh semua makanan di atas meja. Kalau gak inget efek makan yang manis-manis, bisa kalap saya bolak balik ambil semua jenis cake yang ada di situ😁



Jelas pelayanan dan fasilitasnya oke, sebab Crowne  Plaza Bandung merupakan hotel bintang 5 (lima) International. Lokasinya terletak di Kota Bandung, akses dari Bandara Husein Sastranegara cuma 25 menit. Sedangkan dari stasiun kereta api Bandung hanya 15 menit. Juga memiliki akses singkat dari Gerbang Tol Pasteur. Cocok banget buat wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Atau warga Bandung yang ingin staycation, bisa banget.


Time to Coffee Break😍😍

Selain menu Brunch, untuk rekomendasi restoran dan lounge, pilihan tempat di Crowne Plaza Bandung sangat beragam. Mulai dari Mosaic All-Day Dining Restaurant yang menyediakan perpaduan hidangan international, Asian maupun lokal dan Mountain View Poolside Bar & amp.
Yang paling menarik menurut saya adalah Restaurant di tepi kolam renang yang menawarkan beragam hidangan dengan konsep semi outdoor dan akses langsung ke fasilitas rekreasional yang ada di hotel.
Kapan-kapan saya juga pengen coba merasakan salah satu dari 270 kamar tamu dan suite yang elegan, yanga ada di Crowne Plaza Bandung, dengan view dari pusat kota Bandung.

Lobby Crowne Plaza Hotel Bandung

Pintu masuk Crowne Plaza Hotel Bandung

Resepsionis

Akhir dari acara Arisan Ilmu KEB adalah dengan berfoto-foto. Pasti, dong. Itu lah yang membuat semua gembira, sesi foto-foto, selfie yang tak terlupa. Selain mendapat ilmu, jalin silaturahim dengan sesama blogger makin erat. Plus nambah kenalan yang sama sekali belum pernah ketemu. Jadi jangan heran ya kalau foto-fotonya kebanyakan foto wajah-wajah kami yang bergembira.😂😂
Someday, kalau KEB ngadain acara lagi (terutama Arisan Ilmu), Insya Allah saya hadir. Hehehe.
Terima kasih buat para petinggi KEB😁yang sudah  menyelenggarakan acara Arisan Ilmu sedemikian rupa, yang boleh dibilang SUKSES acaranya. Selamat, kalian luar biasa🤩🤩😘

Para petinggi KEB


Buat Emak-emak Blogger yang lain, sampai ketemu di acara Arisan Ilmu selanjutnya, ya  😘😘




You Might Also Like

6 komentar

  1. Wah bagus banget nih ya Mbak acaranya. Selain itu bisa mendapatkan ilmu baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, gak rugi selalu ikutan Arisan Ilmu KEB😊 makasih, ya, Mbak☺️

      Delete
  2. Enak banget nih Mbak makananannya hihi. Jadi pingin nih saya nyicipinya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Saya juga kepengen lagi. Hahaha. Makasih, ya☺️

      Delete
  3. Memang nih Mbak untuk membuat sebuah video diperlukan banyak alat yang mendukung ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget. Saya jadi tergiur juga pengen bikin video😁makasih, ya☺️

      Delete

Flickr Images