Sarapan Enak, Praktis, Dan Ekonomis

Assalamualaikum, Hai, semua๐Ÿ˜Š Mau nanya khususnya ke para Emak. Masih gak sih jadi tim yang bingung dengan menu sarapan untuk anak-anak ...

Assalamualaikum,

Hai, semua๐Ÿ˜Š
Mau nanya khususnya ke para Emak. Masih gak sih jadi tim yang bingung dengan menu sarapan untuk anak-anak dan suami?
Masalah sarapan ini bisa jadi kepikiran dari semalam. Pasti ada aja Emak-emak yang gak bisa tidur karena mikirin,
"Besok sarapan/bekal apa, ya?"
Bener gak? Hihi
Sama, saya juga. Kalau lagi gak ada ide, ujung-ujungnya Nasi Goreng lagi, Nasi Goreng lagi. Atau Roti lagi, Roti lagi. *Tepok jidat*
Ya, susah juga sih mau bikin yang tidak biasanya dengan waktu yang minim. Tahu kan kalau jeda bikin sarapan dengan waktu anak berangkat sekolah tuh mepet banget. Apalagi kalau mamak bangun kesiangan. Ambyar sudah. .Hehehe *Eh,itu, sih, derita Lo, Mak* ๐Ÿคญ
Atau kalau memang niat mau bikin sarapan dengan menu yang berbeda dari biasanya, bisa disipakan dari semalam. Jadi mamak gak ketar ketir dikejar waktu saat paginya.

Kalau saya, misalkan mau bikin sarapan yang pembuatannya memerlukan proses yang cukup lama, biasanya menyiapkan bahan-bahan dari semalam  dan meracik sebagian bahan yang bisa disimpan. Jadi paginya tinggal ditumis-tumis atau dimasak. Kok, repot, ya?Gak juga kalau kita sudah terbiasa. Malah tidur lebih nyenyak dan tenang, karena semua sudah siap. Gak perlu khawatir juga kalau kesiangan.

Nah, saya mau sedikit sharing menu sarapan yang saya buat beberapa hari lalu. Boleh dibilang ini menunya gak biasa. Tapi biasa jadi menu sarapan. Karena banyak yang jual kalau pagi.
Tapi, berhubung anak-anak saya sekolah pagi dan sudah harus berangkat sekitar pukul 06.00, jadi gak mungkin kalau saya harus beli. Keluar pagi buta hanya untuk mencari sarapan yang tak pasti? *halaaah๐Ÿ˜„
Jadi saya memutuskan membuat saja. Lagi pula lebih hemat bikin. *Mamak irit* ๐Ÿ˜

Kali ini menu yang saya buat adalah Lontong Kare Ayam.
Wah, repot banget, nih. Mungkin begitu yang ada di pikiran mamak-mamak.
Gak, dong. Saya bikin sepraktis mungkin.
Hey, bukannya sekarang zaman serba instant? Kenpa gak kita manfaatkan? Sesekali boleh, dong, tidak idealis soal makanan. Sesekali loh, ya. Hehe.
Baiklah, saya akan share resep Lontong Kari praktis dan ekonomis yang saya buat beberapa hari lalu.



LONTONG KARE AYAM (PRAKTIS DAN EKONOMIS)

250gr tulang punggung ayam
1lembar daun Salam
1batang sereh, geprek
2lembar daun Jeruk
1bks santan kara (65gr)
1buah kentang, potong dadu besar
1buah wortel, potong bulat agak tebal
Telur secukupnya, rebus, sisihkan
750ml air
1sachet bumbu kare Indofood
Minyak untuk menumis
Garam dan gula (jika dirasa ada yg kurang)

Pelengkap:
Bawang Goreng
Kerupuk
Lontong (saya beli di tukang kupat tahu) ๐Ÿคญ

Cara membuat:
-Rebus ayam (tulang punggung ayam) hingga matang. Sisihkan. Airnya boleh dipakai, boleh tidak. Kalau mau dipakai, ukur hingga 750ml.

-Tumis bumbu kare Indofood hingga harum, masukkan sereh,  daun salam, dan daun jeruk. Siram dengan sedikit air kaldu ayam tadi. Kemudian masukkan bumbu dan santan ke dalam panci rebusan ayam, didihkan.

-Masukkan wortel dan kentang, masak hingga lembut.

-Tes rasa, jika dirasa ada yang kurang, tambahkan garam, gula, kaldu bubuk sesuai selera.

-Sajikan dengan potongan lontong dan taburan bawang Goreng. Jangan lupa kerupuk untuk menambah selera.
๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

Lontong Kare siap dinikmati


Mudah kan? Jangan bilang kalau mau lebih mudah langsung lari aja ke mamang/teteh penjual Lontong Kare. Hahaha.
Semoga apa yang saya bagi bisa bermanfaat buat mamak-mamak semua. Terima kasih๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ˜Š

Bumbu Kare Indofood yang saya pakai
(Pic by Google)


You Might Also Like

8 komentar

  1. Waaah boleh nih dicoba buat sarapan di waktu weekend, biar ga keburu-buru juga bikinnya hehe..

    ReplyDelete
  2. makasihh udah dikasih tau caranya,,tpi emang ssebenernyaa praktis walau mau buat sendiri. uma kadang mager dan keliatan ribet ,,,

    ReplyDelete
  3. rasanya udah lama ga makan ini, baru kemaren aku cari2 tukang lontong kari ga nemu2. ada resep dari teteh ku hatus bikin sendiri nih kayaknya haha

    ReplyDelete
  4. Tetehnya jago masak nih,, aku Boleh save resep Nya ya.. Heheh

    ReplyDelete
  5. Ini dia nih tulisan lengkapnya. Aku kepengen bikin. Aku belom pernah bikin kari ayam. Btw, bumbu Instan Indofood ini lumayan ya. Beberapa jadi andalan aku kalo masak. Bumbu opor, nasi goreng, dan gulai sering aku pake

    ReplyDelete
  6. Resep kare yah teh tertarik untuk mencoba resep ini

    ReplyDelete
  7. Aduduh pagi-pagi liat ini jadi auto laper hehe, btw noted resepnya Teh wajib ku catet

    ReplyDelete
  8. jadi inget lebaran kalo liat lontong kare ayam. btw bumbu indofood ini enak, aku juga suka pake

    ReplyDelete

Flickr Images