Macam Hidangan Khas Saat Lebaran

Assalamualaikum,  Holaaa๐Ÿ˜ Gak terasa Hari Raya Idul Fitri tahun ini tiba. Dalam kondisi pandemi seperti ini, banyak perbedaannya saat menja...

Assalamualaikum, 


Holaaa๐Ÿ˜ Gak terasa Hari Raya Idul Fitri tahun ini tiba. Dalam kondisi pandemi seperti ini, banyak perbedaannya saat menjalani Ramadan dan juga lebaran. Tapi tetep ya, harus semangat. Jangan kendor meraih pahala di bulan suci. 
Begitu juga saat merayakan Hari Kemenangan. Meski di rumah aja, harus tetap merasakan Lebaran dengan suka cita. Tahan dulu untuk ketemu dengan orangtua  (jika berjauhan), sanak saudara, dan kerabat. 
Cukup telepon atau video call aja. 

Yuhuuu, ngomongin Lebaran, kayaknya gak akan lepas dari ketupat dan pendampingnya, kuah Kare atau opor ayam, dan Kue Kering. Sudah mainstream banget ya itu hidangan di Hari Raya. Hehe. 
Sama sih saya juga gitu. Ketupat dan kuah karenya selalu ada dan berbagai jenis kue kering di meja tamu. 

Ketupat dan Kuah Kare Ayam Kampung


Kue Kering, yang khas juga saat Lebaran



Tapi ada satu lagi hidangan yang gak lepas terhidang di keluarga besar saya, khususnya dari keluarga suami. Yaitu Pempek.

Yes, semenjak menikah, yang notabene suami ada darah Palembang, Pempek ini merupakan makanan yang wajib ada. Makanya tiap lebaran, saya selalu membuat pempek untuk disajikan saat Hari Raya sebagai makanan pendamping setelah makan ketupat. Bahkan saat saya mudik (ke Tangerang), keluarga besar saya selalu menanyakan pada saya, "Bawa Pempek kan?' hahaha. 

Pempek, salah satu hidangan khas keluarga besar suami saat Lebaran


Beda daerah, beda hidangan khas. Kalau di keluarga besar suami adalah Pempek, beda lagi kalau di keluarga besar saya. Saat lebaran tiba, hidangan yang selalu ada selain ketupat adalah Tape dan Uli (orang Bandung nyebutnya ulen).
Hwaa, saya suka. Apalagi kalau Ulinya lembut. Kemudian dicocol dengan tape ketan yang difermentasi hingga menghasilkan rasa yang manis. Konon, saat hamil tidak diperkenankan mengkonsumsinya karena bergas dan bisa membahayakan kehamilan. Konon loh ya. Bisa dicek kebenarannya. Tapi kalau nyicip sedikit mungkin gak apa-apa. Hehe. Biar lebih jelasnya bisa ditanyakan pada yang ahli. ๐Ÿ˜Š  

Tape dan Uli, hidangan yang wajib ada di keluarga besar saya (Tangerang) saat Lebaran


Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang memiliki ragam budaya, sehingga makanan khasnya pun berbeda-beda di tiap daerah. 

So, kalau kamu, apa hidangan khas di daerahmu saat Hari Raya? 
Apa pun hidangannya saat Hari Raya, tetap yang terpenting adalah makna yang bisa kita ambil di Hari Kemenangan setelah menjalani puasa Ramadan selama satu bulan. Apalagi saat pandemi sekarang ini. 

Dari saya, mengucapkan, "Taqobalallahu Minna Wa Minkum. Mohon maaf lahir dan batin." 
๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ๐Ÿ™๐Ÿผ

Tulisan ini merupakan kolaborasi saya dengan Bandung Hijab Blogger, dengan tema Sajian Khas Lebaran Versi Kamu.



You Might Also Like

8 komentar

  1. Ngiler sama pempeknya nih. Hehehe aku juga keturunan PalSu alias Palembang Sunda, pempek udah paling juara nih, karna ketemu santen melulu. Hehehe

    ReplyDelete
  2. Liat pempek..auto ngiler. Rasanya aneh ada pempek saat lebaran, tapi jadi ngasih ide, tahun depan boleh juga tuh bikin pempek biar gak bosen makan sajian lebarannya. Suami aku juga suka tape uli.Hehehe ..

    ReplyDelete
  3. Aku suka juga Teh Pempek, kalau berkunjung Ke tmn kantor asal gorontalo Pasti aja Pempek yg pertama Aku Cari hehe

    ReplyDelete
  4. Ya ampun salah fokus sama pempeknya ��

    ReplyDelete
  5. Nah di aku Ulen sam rendang dicocolin tapi kalo di jawa ulen sama jenang dimakannya, tapi ulen sama peuyem ketan item aku suka jugaaa, yang bedda di rumah ga ada pempeeeeek

    ReplyDelete
  6. Wah mpekmpek disaat lebaran ide yang bagus yaaa.. Jadi ga eneg sama yg santen santenan. Btw maaf lahir batin ya teh

    ReplyDelete
  7. Ya Allah teteh itu pempeknya menggoda pisan ih... itu makanan favorit aku. Tapi ga bisa bikin seasli orang Palembang nih,...hihi

    ReplyDelete
  8. Wuihiiii aku kalo deketan rumah mau hunting kue lebaran teh dian... pasti enak srmua bikinannya soalnya. Aku mah nyerah diajakin baking ngikut testerin aja hahaha... *untung jauh : kata teh dian..

    ReplyDelete

Flickr Images