Japchae, Makanan Sehat ala Korea

 Anyeong Haseo😍 Siapa yang selama pandemi, nonton drama Korea jadi kebiasaan baru yang kemudian jadi hobi dan ketagihan? Hehe, saya salah s...

 Anyeong Haseo😍

Siapa yang selama pandemi, nonton drama Korea jadi kebiasaan baru yang kemudian jadi hobi dan ketagihan? Hehe, saya salah satunya. Selain ceritanya banyak yang bikin gemes, sampe kebawa emosi, makanan yang muncul di beberapa adegan kadang bikin pengen nelen air liur juga. Haha. 

Sebagai mamak yang seneng main di dapur, jadi penasaran sama makanan dari negeri ginseng itu. Pengen banget nyicip makanan Korea yang enak tapi juga sehat. Secara di masa pandemi ini selain harus banyak asupan, mesti diperhatikan juga kandungan gizinya. 

Berhubung saya juga lagi kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger tentang makanan sehat, ya udah sekalian deh cari makanan Korea yang menyehatkan. Kalau bicara sehat, pasti gak jauh-jauh dari makanan yang mengandung serat kan, ya? Hmm, sayuran pastinya.

Maka pilihan saya jatuh ke makanan Japchae. Makanan berbahan dasar soun (atau aslinya menggunakan Dangmyeong, soun khusus dari Korea) dengan ditambah sayuran seperti Wortel, Kyuri (timun hijau), Bayam, dan Paprika. 

Bikinnya gak terlalu susah, cuma sedikit ribet siapin bahan-bahannya aja. Hehehe. Ya, kalau gak mau ribet mah gak usah bikin aja kali. Beli aja. Hihi. 

Buat kamu yang kepengen tahu juga bagaimana rasa Japchae, bisa kok bikin sendiri. Saya kasih resep dan bagaimana cara membuatnya, ya. Yuk. 

Jadi pertama-tama yang perlu kita siapkan adalah niatnya dulu, eh, bahan-bahannya dulu. Hahaha. 

Biar gak pusing, saya list aja bahan-bahan apa yang diperlukan, serta cara membuatnya. 

Cek di bawah, ya. 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Japchae adalah: 

-200 gram Dangmyeon (soun korea), saya pakai soun naga

-1 buah Wortel, potong korek api 

-1 buah Kyuri (timun jepang), potong korek api 

-50 gram Jamur shiitake, iris-iris (boleh ganti dengan jamur kuping)

-2 batang Daun bawang, iris-iris 

-Kuning Telur dari 1 butir telur, dadar iris-iris 

-100 gram Daun bayam, rebus 1/2 matang 

-Minyak goreng - secukupnya

-50 ml Air

Soun yang dicampur dengan kaldu bubuk, kecap manis, kecap asin, dan minyak wiijen. 

Dan bahan-bahan untuk bumbunya: 

1/2 buah Bawang bombay, iris-iris 

2 siung Bawang putih, cincang halus 

1 sdm Wijen sangrai (saya pakai wijen hitam)

1/2 sdt Kaldu bubuk 

1 sdm Minyak wijen 

1/4 sdt Lada 

1 sdm Kecap manis 

Kecap asin - secukupnya (saya, 1sdt)

Bahan-bahan lain yang diperlukan untuk membuat Japchae

Baca ini: info lomba


Kemudian kita lihat bagaimana cara membuatnya:

1. Rebus dangmyeon hingga matang (saya cukup dengan direndam air panas hingga soun lembut, jangan sampai terlalu mengembang), angkat, saring, tiriskan lalu beri minyak wijen, kaldu bubuk, kecap manis dan kecap asin. Sisihkan. 

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih masak hingga harum beri sedikit air, garam, gula dan lada.

3. Masukan wortel, jamur shitake (jamur kuping), paprika merah dan kyuri. Tambahkan daun bawang dan masak hingga layu.

4. Sesaat sebelum diangkat tambahkan daun bayam serta kuning telur aduk rata lalu matikan kompor.

5. Campurkan tumisan sayur dengan dangmyeon (soun) dan wijen sangrai aduk hingga semua tercampur rata. Sajikan.

Tahap-tahap pembuatan Japchae

Saya mengira Japchae ini gak akan disukai anak-anak. Tapi ternyata, begitu anak saya yang sulung (17th) mencicipi, dia bilang, 

"Wah, masih ada gak, Bun?" Hehehe. Dua adeknya juga merasakan hal yang sama. Malah si tengah (11th) nambah berkali-kali. Si kecil (4th) juga minta terus menerus. Karena rasa bumbunya yang cukup terasa, gak hambar, si sulung menyangka saya menggunakan bumbu instant yang memang sudah tersedia untuk mengolah Japchae ini. Bumbunya racik sendiri, zheyenk. Hahaha.

Japchae siap disajiikan. Selamat menikmati Japchae 🤗


Gimana? Mau coba juga resepnya? Siapa tahu jadi makanan favorit anak-anak di rumah😉

Tulisan ini merupakan kolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger bertemakan Healthy Recipes. 


You Might Also Like

0 komentar

Flickr Images